Kemenag Sumbar Jelaskan Isu Hoax Jemaah Padang Naik Haji Berkat Lobi Khusus

Idham Kholid - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 19:38 WIB
Ilustrasi hoax
Ilustrasi hoax Ilustrator: Andhika Akbarayansyah/detikcom
Jakarta -

Viral jemaah asal Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dinarasikan berangkat haji ke Tanah Suci tahun ini. Kementerian Agama (Kemanag) Sumber memastikan kabar itu hoax alias tidak benar.

Dilihat detikcom, dalam pesan yang beredar di media sosial, dinarasikan jemaah asal Padang berangkat ke bandara untuk selanjutnya menuju Tanah Suci menunaikan haji. Jemaah disebut bisa berangat karena ada lobi khusus tokoh dan ulama Padang dengan Kerajaan Arab Saudi.

Narasi itu disertai foto rombongan bus. Tampak ada 4 bus yang beriringan.

Kasubag Umum dan Humas Kemenag Sumbar Eri Gusnedi menegaskan kabar itu hoax. Dia juga sudah mengecek ke bidang haji Kemenag Sumbar.

"Sudah saya cek ke Bidang Haji, sampai hari ini sudah dikonfirmasi nggak ada, nggak ada itu," kata Eri saat dimintai konfirmasi.

Sementara terkait foto yang beredar itu, Eri mengatakan foto tersebut merupakan foto rombongan pada tahun 2018 lalu. "Kami juga lihat itu foto ternyata 2018," ujarnya.

"Itu hoax, dari fotonya itu tahun 2018," imbuhnya.

Eri menegaskan pihaknya juga sudah mensosialisasikan bahwa tidak ada pemberangkatan haji tahun ini.

"Karena memang dari pusat kita sudah disampaikan kan, kami juga sudah sosialisasikan di Sumbar, bahwa tahun ini tidak ada pemberangkatan haji," tuturnya.

(idh/hri)