Anggotanya Dibunuh, Kapolda NTB Curhat ke Mahasiswa soal Risiko Tugas Polisi

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 19:03 WIB
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal bertemu dengan OKP se-NTB
Foto: Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal bertemu dengan OKP se-NTB (dok. istimewa)
Bima -

Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Mohammad Iqbal menyelipkan curahan hati kepada mahasiswa mengenai gugurnya Kasat Reskrim Polsek Utan Ipda Uji Siswa, yang diserang lantaran melerai konflik antarwarga. Iqbal mengingatkan kepada mahasiswa bahwa polisi adalah manusia biasa.

"Karena yang kami tegakkan hukum, itu pasti mencederai masyarakat lainnya. Kami menyadari ada polisi yang melakukan penegakan hukum tanpa berkeadilan, akan tetapi banyak juga polisi yang ingin menegakkan hukum dengan profesional," ujar Iqbal sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (11/7/2020).

Hal itu disampaikan Iqbal saat tatap muka dengan beberapa Organisasi Kemahasiswaan dan Kepemudaan (OKP) di Kota Bima, Jumat (10/7/2020). Iqbal menjelaskan penegakan hukum selalu menimbulkan ketidakpuasan dari pihak yang merasa dirugikan atau tak diuntungkan dari sebuah proses penegakan hukum.

Meski polisi telah bersikap adil, lanjut Iqbal, namun rasa ketidakpuasan masyarakat yang dilayani membuat masyarakat memperlakukan polisi dengan tidak adil. Hal ini disayangkan Iqbal.

"Namun tetap dirinya diperlakukan tidak berkeadilan oleh masyarakat, ini cukup disayangkan. Contohnya, hari ini seperti yang dikabarkan bahwa ada salah satu anggota kami yang bertugas di Polsek Utan, Polres Sumbawa, yang meninggal akibat ditikam oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggungjawab," ungkap Iqbal.

"Perlu rekan-rekan juga ingat bahwa Polisi itu adalah manusia biasa, penuh dengan kekhilafan, penuh juga dengan kekurangan-kekurangannya sebagai manusia biasa," sambung dia.

Untuk diketahui, Ipda Uji Siswanto tewas ditusuk setelah menyelesaikan permasalahan warga bernama Agus dan SH di Sumbawa. Dalam kasus ini, SH jadi terduga pelaku penyerangan.

Ipda Uji dikenal ramah oleh masyarakat. Semua permasalahan masyarakat yang ditangani mengedepankan mediasi secara kekeluargaan.

Kembali ke pertemuannya dengan OKP se-NTB, tujuan Iqbal adalah mengajak para mahasiswa untuk proaktif mengedukasi masyarakat soal bahaya Corona (COVID-19). Iqbal kemudian meminta mahasiswa untuk melahirkan ide-ide kreatif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi Corona.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3