Kemenhub Bagikan 845 Sarana Melaut ke Nelayan Pamekasan

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 18:40 WIB
Kemenhub
Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19 Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut tetap menjaga keselamatan pelayaran dengan menggelar kegiatan Keselamatan Pelayaran.

Kegiatan tersebut digelar oleh Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Branta, Pamekasan Jawa Timur. Dalam kegiatan ini nelayan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Pasalnya, mendapatkan bantuan berupa ratusan sarana keselamatan.

"Kami telah membagikan sebanyak total 845 sarana melaut secara gratis, yang terdiri dari 220 unit life jacket, 82 unit lifebuoy, dan juga 543 pas kecil," ujar Kepala Kantor UPP Kelas II Branta, Edi Kuswanto dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/7/2020).

Lebih lanjut Edi menjelaskan, meskipun dilaksanakan di tengah pandemi, kegiatan ini tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya dengan menyiapkan masker dan sarung tangan bagi para perwakilan nelayan kapal tradisional yang menerima manfaat.

Adapun bantuan tersebut ditargetkan kepada pemilik kapal nelayan dan kapal tradisional, yakni para nelayan di Pademawu, Branta Pesisir, Branta Tinggi, Pegagan, Padelegan, Kotasek dan Talang siring.

Edi berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat, khususnya para nelayan untuk ikut bertanggung jawab terhadap keselamatan jiwa di laut serta perlindungan lingkungan maritim.

"Saya harap, upaya yang kita lakukan ini dapat menekan angka kecelakaan kapal sehingga menjamin keselamatan jiwa di laut," ujarnya.

Hingga saat ini, Edi mengungkapkan, pihaknya masih memproses sebanyak 250 Pas Kecil untuk dibagikan kepada para nelayan di Kabupaten Pamekasan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para pegawai UPP Kelas II Branta dan seluruh mitra kerja atas terselenggaranya kegiatan tersebut dan mengimbau untuk terus memberi karya terbaik bagi Ibu Pertiwi.

Dalam acara tersebut, turut hadir Bupati Pamekasan, Badrut Tamam yang menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub yang terus peduli akan keselamatan jiwa masyarakat nelayan Kabupaten Pamekasan.

"Semoga program yang baik ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga dapat terus memberikan manfaat kepada masyarakat maritim," pungkasnya.

(prf/ega)