Evakuasi Kapal Feri Tuntas, Pelabuhan Padang Bai Bakal Operasi Lagi

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 16:25 WIB
Kemenhub
Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta -

Dermaga II Pelabuhan Padang Bai di Karangasem, Bali akan segera beroperasi kembali setelah tutup selama hampir satu bulan. Dermaga tersebut tak bisa beroperasi imbas bangkai Kapal Feri KMP Dharma Rucitra III yang karam hingga mengganggu akses penyeberangan pada Juni lalu.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai Ni Luh Putu Eka Suyasmin mengatakan evakuasi KMP Dharma Rucitra telah selesai pada Jumat (10/7/) kemarin. Kapal penyeberangan tersebut ditarik keluar dari dermaga II dengan unit tugboat milik PT DLU (Dharma Lautan Utama).

"Setelah melakukan koordinasi dengan pihak terkait yaitu PT ASDP, Dermaga II Pelabuhan Padang Bai direncanakan segera dapat kembali beroperasi dengan tujuan agar penumpukan antrian panjang kendaraan seperti truk dapat terurai serta aktivitas penyeberangan juga dapat berjalan dengan baik dan lancar," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/7/2020).

Lebih lanjut Eka menambahkan, hari ini tim evakuasi juga kembali diturunkan dalam membantu membersihkan barang muatan yang tercecer di bawah kolam dermaga.

"Pagi ini penyelam yang berkompeten diturunkan dalam membantu membersihkan dan mendokumentasikan kondisi saat ini di bawah kolam dermaga dengan tujuan untuk memastikan sudah tidak ada lagi barang muatan yang tercecer dan tali yang melintang di bawah kolam dermaga," terangnya.

Sebelumnya, pada hari Jum'at (10/7) sekitar pukul 14.25 WITA, KMP Dharma Rucitra III berhasil ditarik dengan tug boat ke Surabaya dengan terlebih dahulu telah dilakukan berbagai pemeriksaan oleh BKI (Biro Klasifikasi Indonesia) yang didampingi KSOP Kelas IV Padang Bai.

"KMP Dharma Rucitra III dan tug boat telah dilakukan pemeriksaan selama dua hari oleh BKI yang didampingi KSOP Kelas IV Padang Bai untuk menyakinkan kondisi keselamatan dan keamanan kapal pada saat ditarik dengan tug boat," tuturnya.

Selanjutnya, KMP Dharma Rucitra III rencananya akan dilakukan perbaikan di galangan PT Adiluhung Saranasegara Indonesia. KMP Dharma Rucitra III sendiri memiliki ukuran kapal GT 355 dengan berat kapal 1.444 gross ton dengan rute pelayaran Pelabuhan Lembar-Pelabuhan Padang Bai.

(prf/ega)