KPU Hanya Akan Datangi Tempat Isolasi Jika Pemilih Punya Surat Keterangan

Yulida Medistiara - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 21:22 WIB
Ketua KPU Arief Budiman (Dume Sinaga/BNPB)
Ketua KPU Arief Budiman (Dume Sinaga/BNPB)
Jakarta -

KPU akan melayani pemilih yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah pada hari pemungutan suara 9 Desember. KPU mengatakan hanya akan mendatangi pemilih di tempat isolasi jika mempunyai surat keterangan.

"Kalau dia sedang masa isolasi, kan nggak boleh ke mana-mana tuh, sedang ada di rumah, maka kami melayani ke rumah-rumah. Tapi tidak bisa setiap orang kemudian mengaku saya sedang isolasi, kemudian semua minta dilayani di rumah, tidak bisa," kata Ketua KPU Arief Budiman dalam diskusi virtual bertajuk 'Bagaimana Kesiapan Pilkada 2020', Jumat (10/7/2020).

"Harus ada surat keterangan dari pihak yang berwenang dari dokter, RS yang memang diberi kewenangan, kalau RS itu RS rujukan," ujarnya.

Ia mengatakan nantinya KPU akan mendatangi rumah pemilih yang sedang melakukan isolasi mandiri sesuai dengan data yang diberikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat. KPU berharap pemilih yang sedang melakukan isolasi juga bisa menginformasikan ke Gugus Tugas setempat agar dapat dilayani oleh KPU di rumah.

"Kalau tiba-tiba seseorang membuat pengakuan saya sedang isolasi tidak memberitahukan kepada kami ya tentu akan kerepotan kalau semua minta dilayani seperti itu," kata Arief.

"Mudah-mudahan pemilih bisa memberi informasi-informasi lebih awal kepada kami, bisa juga bertanya berkoordinasi dengan penyelenggara pemilu setempat apabila memang ada hal-hal yang dirasa tidak jelas, belum diketahui informasinya. Jadi silakan saja berkoordinasi. Mudah-mudahan situasi yang kita hadapi di lapangan nanti semua sudah ada, diatur di dalam regulasi," imbuhnya.

Tonton video 'Pilkada 2020, KPU Siap Jemput Suara Pasien yang Dirawat di RS':

Selanjutnya
Halaman
1 2