Menlu soal Pengungsi Rohingya Diselamatkan di Aceh: 25 Anak Tanpa Keluarga

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 18:56 WIB
Menlu Retno Marsudi / Dok. Kemlu
Foto: Menlu Retno Marsudi / Dok. Kemlu

Selain itu, Retno mengungkapkan para migran tersebut akan dipindahkan ke Balai Latihan Kerja (BLK) Lhokseumawe, Aceh, sore ini. Awalnya, menurut Retno, mirgan Rohingya itu berada di kantor imigrasi Lhokseumawe. Retno menegaskan pemindahan tersebut tetap akan menerapkan protokol kesehatan

"Nah berdasarkan informasi terakhir yang kami peroleh sampai pagi hari ini dari lapangan, kami memperoleh informasi bahwa pemindahan migran Rohingya dari kantor lama imigrasi Lhokseumawe ke BLK Lhokseumawe akan dilakukan, menurut rencana dan menurut informasi yang kami peroleh pagi hari ini, pemindahan akan dilakukan pada sore hari ini Jumat 10 Juli 2020," tutur Retno.

"Proses pemindahan ini akan terus memperhatikan protokol kesehatan covid-19 termasuk pemberian paket hygiene kits setelah proses pemindahan dilakukan. Kita juga terus memberikan perhatian terhadap kebutuhan logistik dan kesehatan para migran termasuk adanya tenaga medis yang akan standby di tempat penampungan," imbuhnya.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia menyelamatkan puluhan pengungsi etnis Rohingya yang memasuki perairan Aceh Utara. Para pengungsi itu saat ini ditampung di eks Kantor Imigrasi Lhoksemauwe.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jumat (26/6/2020), 99 orang pengungsi Rohingya diselamatkan di perairan Aceh Utara pada Rabu (24/6). Kemlu menyatakan keputusan itu atas dasar kemanusiaan karena kondisi para pengungsi memprihatinkan dan membahayakan jiwa mereka.

"Para pengungsi saat ini ditampung di bekas Kantor Imigrasi Lhoksemauwe, Aceh. Fokus utama sekarang adalah pemenuhan kebutuhan dasar, pemberian penampungan sementara, dan pelayanan kesehatan. Hal-hal tersebut dilakukan dengan memastikan berlakunya protokol kesehatan gunamencegah penularan virus COVID-19 di kalangan migran etnis Rohingya," demikian keterangan dari situs resmi Kemlu.

Halaman

(fas/fas)