Ponakan Prabowo Maju di Pilwalkot Tangsel, Gerindra Segera Rakor

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 14:53 WIB
Wakil Ketua DPR/Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad
Sufmi Dasco Ahmad (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Partai Gerindra membenarkan bahwa anggotanya, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, diusung PDIP di Pilwalkot Tangerang Selatan (Tangsel) sebagai calon wakil wali kota. Partai Gerindra mengatakan akan menggelar rapat koordinasi membahas pengusungan Rahayu akhir pekan ini.

"Untuk Pilkada Tangsel DPP PDIP telah melakukan konfirmasi melalui media bahwa memang mendukung pasangan Muhammad dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Dan kami juga sudah melakukan konfirmasi langsung ke yang bertanda tangan, bahwa itu memang rekomendasi yang valid yang dikeluarkan DPP PDIP," kata Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Dasco mengatakan Gerindra akan menggelar rapat koordinasi akhir pekan ini. Namun, dia tidak menjelaskan kapan dan di mana rapat ini berlangsung.

Rapat ini, kata Dasco, juga membahas tentang posisi Rahayu yang diusung menjadi calon wakil wali kota. Rapat ini juga akan membahas tentang siapa yang diusulkan Gerindra di Pilwalkot Medan dan Solo.

"Ya kan Mbak Sara itu direkomendasikan untuk maju sebagai kepala daerah. Kepala daerah itu bisa wali kota bisa wakil wali kota. Nah, tentunya dengan perkembangan terkini, sesuai dengan mekanisme yang ada di partai, kami juga akan melakukan rapat koordinasi teknis untuk kemudian memutuskan secara cepat langkah yang akan diambil, karena mengingat waktu pendaftaran juga sudah dekat," katanya.

"(Pilwalkot) Solo dan Medan termasuk yang akan dibahas dalam rapat koordinasi teknis pekan ini," imbuhnya.

Sebelumnya, PDIP mengkonfirmasi bahwa mereka mengusung pasangan Muhammad dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo di Pilwalkot Tangsel. Keputusan itu didasari pertimbangan politik PDIP.

Berdasarkan surat yang beredar, nama Saraswati direkomendasikan PDIP menjadi calon Wakil Wali Kota Tangsel. Dalam rekomendasi tersebut, Saraswati mendampingi Muhammad, yang diusung sebagai Wali Kota Tangsel.

Surat tersebut juga memerintahkan DPC PDI Perjuangan Kota Tangsel mendaftarkan keduanya ke KPU Kota Tangerang Selatan. Serta meminta seluruh jajaran partai memperjuangkan terpilihnya pasangan tersebut.

Tonton video 'PDIP Usung Keponakan Prabowo di Pilwalkot Tangsel':

(zap/gbr)