Inspektorat Periksa Lurah Nonaktif Grogol Selatan soal e-KTP Djoko Tjandra

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 14:41 WIB
Lurah Grogol Selatan, Asep Subahan, saat ditemui di kantornya
Lurah Nonaktif Grogol Selatan, Asep Subahan, saat ditemui di kantornya. (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Lurah Grogol Selatan Asep Subahan dinonaktifkan sementara dari jabatannya untuk menjalani proses pemeriksaan buntut kasus pencetakan e-KTP Djoko Tjandra. Proses pemeriksaan dilakukan Inspektorat Pembantu Kota Administrasi Jakarta Selatan.

"Inspektorat bersama atasan langsungnya, camat," kata Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Provinsi DKI Jakarta Chaidir saat dihubungi, Jumat (10/7/2020).

Chaidir mengatakan pemeriksaan dilakukan sejak kemarin. Pemeriksaan dilakukan untuk mendalami apakah proses pencetakan e-KTP Djoko Tjandra sudah sesuai dengan prosedur.

"Pemeriksaan (dilakukan) sampai ditemukan relik kesalahannya apa, kalau memang itu ditemukan dan ada kesalahan prosedur dalam menjalankan tugas baru diberhentikan secara tetap jabatannya," katanya.

Chaidir mengungkapkan sementara ini baru Asep saja yang diperiksa.

"Baru itu dulu karena yang menjadi sasaran kan yang menerima pertama kali lurah," ujar Chaidir.

Sebelumnya diberitakan, Asep Subahan dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Lurah Grogol Selatan terkait pembuatan e-KTP Djoko Tjandra. Posisi Asep pun saat ini digantikan sementara oleh Camat Kebayoran Lama Aroman Nimbang.

"Benar, saat ini dibebaskan tugaskan dalam rangka pemeriksaan internal. (Nonaktifkan) 9 Juli 2020," ujar Asep melalui pesan singkat, Jumat (10/7/2020).

"Kita lakukan pendalaman dan pemeriksaan berkaitan dengan KTP Djoko Tjandra itu selaku kepala kelurahan apakah sudah menjalankan sesuai prosedur atau tupoksi atau SOP yang ada," katanya.

(mae/mae)