Warga Samarinda Keluhkan Tambang Batu Gamping di Bukit Batu Putih, Pemkot Cek

Yovanda Izabella - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 11:11 WIB
Penambangan batu gamping di Bukit Batu Putih (Foto: Istimewa)
Foto: Penambangan batu gamping di Bukit Batu Putih (Foto: Istimewa)
Samarinda -

Warga di Samarinda mengeluhkan penambangan batu gamping yang sudah lama berjalan di objek wisata Bukit Batu Putih. Warga menilai tambang itu mencemari lingkungannya.

Keluhan itu disampaikan warga Jalan Suryanata, Kelurahan Air Putih, Samarinda bernama Yusriansyah melalui media sosial. Yusriansyah meminta agar penambangan batu padas di Bukit Batu Putih untuk segera dihentikan.

"Masukan juga tolong pernambangan batu padas di Suryanata tepatnya di gunung batu putih dihentikan karena pasir dari hasil tambang mereka membuat selokan parit di sepanjangan Suryanata tertutupi pasir, sekarang parit datar oleh tanah," tulisnya, seperti dilihat detikcom, Jumat (10/7/2020).

Yusriansyah mengatakan akibat penambangan itu, selokan di kawasannya pun tertutup pasir. Dia pun meminta warga untuk mengecek langsung ke lokasi.

"Jika tidak percaya silahkan cek parit di sepanjang Suryanata, khususnya komplek Batu Putih. Tolong Pemkot karena setiap hujan, Suryanata sering banjir. Terlebih lagi gunung batu putih adalah objek wisata yg kita punya di Samarinda. Jangan sampai habis oleh keserakahan dan nafsu mereka," imbuhnya.

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia Pengurus Daerah Kalimantan Timur, Fajar Alam, mengatakan penambangan batu gamping di Kawasan Batu Putih Suryanata itu memang sudah ada sejak lama. Namun, masih belum diketahui, siapa pemilik proyek batu gamping di sana.

"Iya ada, yang jelas tidak terdaftar sama sekali di ESDM," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2