Ijeck Dapat Diskresi DPP Golkar, Kubu Yasyir Ridho Bicara Dukungan Daerah

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 08:30 WIB
Yasyir Ridho Lubis terpilih menjadi ketua Partai Golkar Sumatera Utara (Sumut) periode 2020-2025 (Ahmad Arfah/detikcom)
Foto: Yasyir Ridho Lubis dalam Musda X Golkar (Sumut) periode 2020-2025 (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekhshah (Ijeck), mendapatkan surat diskresi DPP Golkar untuk maju jadi calon ketua Golkar Sumut. Lalu bagaimana dengan kubu Yasyir Ridho?

Salah satu pendukung Yasyir yang juga Sekretaris DPD Golkar Sumut, Amas Muda Siregar, santai menanggapi adanya diskresi itu. Meski dapat diskresi, kata Amas, Ijeck belum mampu memenuhi syarat dukungan pemilik suara Musda.

"Berarti udah bisalah dia daftar nanti Musda. Tapi daftar ya, kalau nengok (melihat) kondisi sekarang, peta-nya itu, kita sekarang kan berdasarkan data dan peta, kalau menurut data kita, peta politiknya dia belum dapat 30 persen (dukungan pemilik suara Musda) untuk maju, syarat maju itu," kata Amas kepada wartawan, Jumat (10/7/2020).

Amas menjelaskan diskresi yang kini dimiliki Ijeck hanya memenuhi syarat dalam hal keanggotaan Partai Golkar. Selain syarat keanggotaan itu, Amas mengatakan ada juga syarat 30 persen dukungan pemilik suara yang harus dimiliki calon ketua.

"Jadi halal lah dia mendaftar untuk ikut dipilih di Musda, calon ketua-lah maksudnya. Tapi kan untuk menjadi ketua ini kan harus dipilih, kalau untuk dipilih ada lagi syaratnya. Itu tadi 30 persen dari 39 jumlah suara semua. Sekitar 12 suara," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2