Geger Ekspratriat Cabuli Ratusan Anak di Jakarta Barat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 07:47 WIB
Polisi berhasil membekuk seorang predator seks anak asal Prancis di kawasan Jakarta. Pria berusia 65 tahun itu diketahui terjerat kasus prostitusi anak.
Foto: WN Prancis berinisial FAC ditangkap karena diduga mencabuli 305 anak di bawah umur (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Aksi predator anak kembali terungkap. Jumlah korbannya fantastis, yakni 305 anak.

Si predator merupakan warga negara Prancis, yang belakangan tinggal di Indonesia. Bermodalkan perlengkapan fotografi, pelaku berinisial FAC (65) alias Frans alias Mister menawarkan jasa fotografer kepada anak-anak jalanan yang usianya mayoritas di bawah umur dengan iming-iming jadi fotomodel.

"Polda Metro Jaya berhasil melakukan ungkap kasus eksploitasi secara ekonomi dan seksual terhadap anak di bawah umur yang dilakukan warga negara asing. Sebagaimana kita ketahui, akhir-akhir ini marak kejahatan terhadap eksploitasi kekerasan seksual anak," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana di Polda Metro Jaya pada Kamis (9/7/2020).

Kejahatan kakek bule ini terendus Subdit Remaja, Anak dan Wanita (Renakta) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. FAC pun dihadirkan dalam kegiatan rilis kasus yang dipimpin Nana.

"Kasus eksploitasi secara ekonomi atau sexual child sex groomer terhadap 305 anak di bawah umur di beberapa hotel di wilayah Jakarta. Untuk waktu, saya ambil tiga bulan terakhir yaitu sekitar Desember (2019) sampai Febuari (2020), pelaku melakukan exploitasi terhadap anak di hotel O, Jakarta Barat," jelas Nana.

Nana menerangkan lebih lanjut, FAC tinggal di Hotel L, Jakarta Barat pada Februari hingga April 2020. Dan tinggal di hotel PP, Jakarta Barat pada April hingga Juni. Nana mengatakan FAC keluar-masuk Indonesia sejak 2015.

"Untuk kronologinya, Subdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya mendapat informasi dari jaringan dan kemudian unit ini melakukan penyelidikan dan mendatangi lokasi di Hotel PP di Jalan Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat. Pada kamar tersebut, penyidik mendapatkan WNA dalam kondisi setengah telanjang," papar Nana.

Nana menyebut ada dua ABG perempuan yang sedang bersama FAC. Satu di antara ABG tersebut, sambung Nana, sudah menanggalkan seluruh pakaiannya.

"Ada juga dua anak perempuan di bawah umur dengan kondisi telanjang dan setengah telanjang," imbuhnya.

Polisi berhasil membekuk seorang predator seks anak asal Prancis di kawasan Jakarta. Pria berusia 65 tahun itu diketahui terjerat kasus prostitusi anak.Barang bukti operalatan fotografi yang disita polisi dari tersangka FAC (Foto: Agung Pambudhy)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4