6 Informasi Seputar IPB

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 13:49 WIB
Kampus Fakultas Pertanian IPB
Fakultas Pertanian IPB (Foto: AN Uyung Pramudiarja)
Jakarta -

Tahun ajaran baru sebentar lagi telah tiba. Hal ini tentunya membuat para detikers yang baru lulus sekolah, berlomba-lomba untuk mendaftar ke sekolah ternama untuk melanjutkan jenjang berikutnya. Bagi detikers yang baru lulus SMA tentu detikers pun ingin masuk ke universitas favorit, layaknya IPB Bogor.

Institut Pertanian Bogor atau yang lebih populer dengan nama IPB memang merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Selain itu, IPB University juga sangat populer bahkan saking terkenalnya logo IPB University dapat dikenali dengan mudah. Tentu kepopuleran ini pun membuat passing grade IPB cukup melambung tinggi dibandingkan dengan universitas lainnya.

Hal ini pun didukung dengan new LMS IPB. Memang apa sih new LSM ini? Apa saja jenjang pendidikan yang ada di IPB dan bagaimana cara untuk bisa masuk menjadi mahasiswa IPB? Apa saja informasi umum yang menarik dari IPB? Penasaran? Mari simak IPB melalui informasi-informasi yang tertuang dalam ulasan-ulasan singkat berikut ini.

1. Logo IPB

Logo IPB atau IPB logo merupakan gambar yang mewakili representasi dari kampus IPB. Seperti halnya warna biru pada logo IPB png yang bermakna ilmu pengetahuan dan teknologi, buku terbuka yang menggambarkan sumber ilmu pengetahuan, tiga cabang berarti tri dharma perguruan tinggi, lima lembar daun di logo IPB menggambarkan tumbuh kembangnya IPB dan lingkaran berarti ilmu pengetahuan yang tak berbatas.

2. Jenjang Pendidikan yang Ada di IPB

Sebagai sebuah universitas, jenjang pendidikan yang ada di IPB bisa dibilang sangat lengkap. Ada jenjang sarjana, jenjang pascasarjana IPB, serta jenjang doktor dan profesi. Selain itu juga terdapat D3 serta sekolah bisnis atau SB IPB. Sedangkan fakultas yang ada di IPB pun bisa dibilang paket komplit. Di IPB ada 9 fakultas.

Fakultas-fakultas beserta dengan jumlah jurusan di IPB, meliputi :

  1. Fakultas Pertanian terdiri dari 3 jurusan.

  2. Fakultas Kedokteran Hewan terdiri dari 2 jurusan.

  3. Fakultas Ekonomi Management terdiri dari 5 jurusan

  4. Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari 4 jurusan.

  5. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan terdiri dari 5 jurusan.

  6. Fakultas Kehutanan terdiri dari 4 jurusan.

  7. Fakultas Ekologi Manusia terdiri dari 3 jurusan.

  8. Fakultas Peternakan terdiri dari 3 jurusan, serta

  9. Fakultas MIPA ( Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ) terdiri dari 8 jurusan.

Itulah beberapa fakultas beserta jumlah jurusan IPB, beberapa ada yang meliputi jenjang lengkap dari sarjana, pasca IPB sampai dokter. Setelah bergabung dalam jenjang pendidikan apapun detikers juga bisa mengakses SIMAWA IPB. SIMAWA ini merupakan sistem informasi kemahasiswaan yang dapat membantu mahasiswa IPB dalam mengakses hal-hal yang berkaitan dengan informasi akademik.

3. Sekilas Tentang Dosen IPB

Dosen-dosen IPB memiliki kualifikasi yang baik, bahkan terbaik. Kualifikasi ini bisa dibuktikan dengan adanya CDA IPB. Di mana CDA sendiri merupakan sub unit yang berada di bawah direktorat kemahasiswaan dan pengembangan karir. Sub unit ini memiliki sebuah untuk menekan dan mengurangi angka pengangguran. Hal ini menunjukkan selain memiliki kemampuan mengajar, dosen di IPB juga memikirkan nasib mahasiswa kelak.

Selain itu, IPB juga memiliki lembaga pengabdian dan pengembangan masyarakat ( LPPM IPB ) yang sangat baik. Lembaga ini sangat membantu perkembangan mahasiswa agar dapat memiliki kontribusi yang baik di tengah masyarakat.

Apalagi lembaga ini didukung dengan adanya IPB Press. Dimana ini adalah penerbit dan percetakan yang mendistribusikan hasil penelitian. Sehingga melalui unit-unit tersebut, dapat dipastikan bahwa kualitas dosen di lingkungan IPB tak perlu diragukan lagi.

4. Repository IPB

Bicara tentang perpustakaan IPB, detikers pasti berpikir tentang sebuah bangunan atau ruangan khusus yang ada di kawasan kampus IPB. Namun, tak perlu bersusah payah datang ke kawasan IPB. Apalagi mengingat sekarang masih dalam kondisi physical distancing. Sebab detikers bisa mendapatkan beberapa informasi penting yang umumnya ada dalam perpustakaan melalui repository IPB.

Di dalam IPB repository ini, detikers bisa menemukan berbagai jenis jurnal IPB, makalah mahasiswa, tesis, disertasi dan pastinya skripsi IPB. Sehingga bila detikers membutuhkan hal-hal tersebut, maka detikers hanya perlu duduk manis dan mempersiapkan paket internet. Selanjutnya detikers hanya perlu masuk website resmi repository dan mencari jurnal-jurnal, skripsi dan hal lain yang detikers butuhkan.

5. LSM lPB

LSM atau lecture management system merupakan sebuah sistem manajemen perkuliahan. IPB sendiri memiliki sistem perkuliahan sangat menarik. Sistem ini dikenal dengan nama LMS IPB. Bahkan kini IPB memiliki sistem perkuliahan baru yang lebih dikenal dengan nama new LSM IPB. Untuk mengetahui tentang sistem perkuliahan baru ini, detikers bisa melakukan pencarian lengkapnya di website new LSM IPB ac id.

6. Jalur Masuk IPB

Detikers tertarik dan ingin bergabung menjadi salah satu bagian IPB? Khususnya bergabung di sekolah bisnis IPB. Bila demikian, tentunya detikers harus melakukan pendaftaran IPB dan registrasi administrasi IPB. Kedua hal ini merupakan hal yang sangat penting. Detikers bisa melakukan pendaftaran melalui beberapa jalur pendaftaran di IPB. Kemudian setelah detikers diterima dari salah satu jalur, detikers bisa melaksanakan Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru ( MPKMB IPB ) sebagai mahasiswa baru.

Secara umum beberapa jalur yang dapat dilalui, supaya detikers bisa bergabung dan menjadi mahasiswa IPB. Jalur-jalur yang dimaksud, terdiri dari ujian tulis mandiri atau yang lebih dikenal dengan nama UTM IPB atau mandiri IPB, ujian mandiri ( UM IPB ) atau yang biasa disebut sebagai IPB mandiri, selain itu pendaftaran sekolah vokasi IPB juga dapat dilalui dengan jalur undangan sekolah masuk IPB atau yang lebih populer dengan nama USMI IPB. Namun, selain melalui jalur ujian mandiri IPB ataupun jalur ujian lain yang telah dijelaskan, detikers juga bisa bergabung dengan jalur-jalur lain yang bisa di peroleh informasinya melalui website resmi admisi IPB.

Demikianlah beberapa ulasan singkat mengenai informasi terkini seputar IPB. Bagaimana menurut detikers? Apakah detikers yang baru lulus SMA tertarik untuk bergabung ke IPB? Mengingat ada banyak vokasi IPB yang menarik. Bahkan ada informasi mengenai simak pasca IPB dan IPB Access yang cocok untuk detikers yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi lagi.


Selain itu, ada pula IPB University logo yang sangat bermakna. Pastinya akan menarik bagi detikers yang tertarik masuk ke IPB. Akhir kata, semoga informasi seputar kampus IPB ( bukan IPB Citibank Singapore ) di atas cukup membantu dan bermanfaat. Khususnya bagi detikers yang ingin menjadi bagian dari keluarga besar IPB.

(erd/erd)