Tak Ditemukan Unsur Pidana, Penyelidikan Dugaan Pungli THR di UNJ Dihentikan

Yogi - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 13:15 WIB
Polda Metro Jaya Hentikan Penyelidikan Kasus Dugaan Pungli THR UNJ
Polda Metro Jaya Hentikan Penyelidikan Kasus Dugaan Pungli THR UNJ (Foto: Yogi Ernes)
Jakarta -

Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengumumkan menghentikan penyelidikan terkait dugaan pungli tunjangan hari raya (THR) di UNJ. Penyidik menyimpulkan tidak ditemui unsur pidana korupsi dalam kasus tersebut.

"Kita sudah gelar perkara bersama-sama teman-teman KPK dan Bareskrim. Ditarik kesimpulan yang kita dapat berdasarkan fakta-fakta hukum yang didapat, penyelidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berpendapat bahwa tidak menemukan suatu peristiwa tindak pidana korupsi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (9/7/2020).

Yusri mengatakan keputusan tersebut dihasilkan setelah pihaknya melakukan beberapa kali gelar perkara serta melakukan rekonstruksi di dua tempat.

Dia menambahkan pihaknya juga telah memeriksa sekitar 44 saksi terkait perkara tersebut. Dua orang dari total saksi tersebut, kata Yusri, berstatus sebagai saksi ahli pidana.

"Terakhir kita lakukan gelar perkara bersama-sama dengan Ditreskrimsus Polda Metro, kemudian di-back up Mabes Polri, dan teman-teman KPK dan juga Inspektorat Kemendikbud. Dari hasil pemeriksaan saksi ahli yang ada dinyatakan perbuatan pidananya ini tidak sempurna dan tidak masuk dalam unsur-unsur pasal yang dipersangkakan. Itu hasil keterangan saksi ahli," ungkap Yusri.

Lebih lanjut Yusri mengatakan, berdasarkan gelar rekonstruksi dan keterangan para saksi ahli mengatakan tidak ditemukannya unsur pidana dari perkara dugaan pungli di UNJ. Karena itu secara resmi pihaknya menghentikan penyelidikan dalam kasus tersebut.

"Dengan tidak ditemukannya peristiwa korupsi, maka penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus melakukan penghentian penyelidikan dalam rangka kepastian hukum," ucap Yusri.

Tonton juga '7 Orang Dugaan Pungli THR UNJ Dikenakan Wajib Lapor':

[Gambas:Video 20detik]