Gasak 46 Motor, 2 Pelaku Curanmor di Jabotabek Diringkus Polisi

Jehan Nurhakim - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 03:04 WIB
Polres Metro Depok
Foto: Jehan-detikcom
Jakarta -

Polres Metro Depok berhasil menangkap komplotan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). Ada dua tersangka yang diamankan polisi I dan S, mengaku 6 bulan terakhir telah mencuri 46 motor.

"Dari bulan September 2019 hingga bulan Febuari 2020 yang lalu, kelompok ini lah telah berhasil mencuri kurang lebih 46 sepeda motor. Namun saat ini barang bukti baru 4 saja," kata Kapolres Metro Depok Komisaris Besar Azis Ardiansyah, di Kantor Polres Metro Depok, Rabu (8/7/2020).

Tersangka ditangkap di Citayam, Depok. Azis menyebut tersangka mengaku sering melakukan aksinya di Citayam dan Jabodetabek.

"Wilayahnya dia mengaku, di Jabotabek dan paling sering di Citayam dan depok," tambahnya.

Azis mengatakan modus operasinya dengan membagi perannya. Diantaranya melakukan eksekutor hingga melakukan penjagaan, jika usahannya gagal.

"Mereka menggunakan seperti biasa Kunci T atau Kunci Y kemudian masing-masing 5 orang, dua eksekutor, 1 membawa hasil kendaraannya atau memboncengkan pelaku yang lain. Dua sebagai penjagannya, untuk mempersiapkan melarikan diri jika usahanya gagal," tuturnya.

Berdasarkan pengakuan pelaku, mereka mendapatkan hasil sebesar 800 ribu hingga 2 juta rupiah, kemudian dibagi rata. Kedua pelaku juga diketahui merupakan residivis.

"Untuk pembagian hasil kejahatannya, mereka bagi rata. Rata-rata kendaraan tersebut dijual antara 800 sampai 1 juta hingga 2 juta. Tergantung dari kondisi dari sepeda motor tersebut," kata Azis.

"Mereka berdua ini residivis juga, yang Indra kasus pelecehan seksual, sedangkan si S ini maling sepeda," sambungnya.

Atas perbuatannya pelaku akan dijerat dengan sangkaan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukuman maksimal 5 tahun.

(dwia/dwia)