Round-Up

Jejak Kasus Wakil Ketua Golkar Sulsel hingga Dihukum Percobaan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 22:37 WIB
Eks Jubir Nurdin Halid Risman Pasigai (Amang-detik)
Foto: Eks Jubir Nurdin Halid Risman Pasigai (Amang-detik)
Makassar -

Wakil Ketua DPD I Golkar Sulawesi Selatan (Sulsel), Risman Pasigai divonis hukuman pidana 6 bulan dengan masa percobaan 10 bulan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Makassar. Risman dinilai terbukti bersalah dalam kasus penghinaan terhadap mantan Bendahara DPD Golkar Sulsel, Rusdin Abdullah.

"Terdakwa terbukti melanggar Pasal 311 KUHP, mengadili terdakwa dengan hukuman pidana 6 bulan, dengan percobaan 10 bulan apabila melakukan tindak pidana selama masa percobaan wajib menjalani hukuman pidana," ujar hakim ketua Zulkifli dalam sidang yang digelar ruang sidang utama PN Makassar, Rabu (8/7/2020).

Kasus ini bermula saat Risman dipolisikan lantaran dianggap telah menuduh Rusdin sebagai dalang dari kericuhan saat pembukaan Musda Golkar Sulsel di hotel Novotel Makassar, 26 Juli 2019 lalu. Dalam Musda ini, Nurdin Halid ditetapkan sebagai ketua definitif DPD I Golkar Sulsel, yang sebelumnya hanya berstatus pelaksana tugas ketua.

Kasusnya ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sulsel. Risman dijerat Pasal 310 subsider Pasal 311 KUHP.

Pada akhir Januari 2020, Kejaksaan Tinggi Sulsel mengatakan berkas Risman sudah dilimpahkan penyidik Polda Sulsel ke pihak jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri Makassar. Artinya kasus siap dilanjutkan ke meja hijau.

"Hari ini pelimpahan berkas tahap dua, berkas dakwaannya sedang dipersiapkan jaksa penuntut umum dan dalam waktu dekat sudah mulai disidangkan," ujarKepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejaksaan Tinggi Sulsel, Idil pada Senin (20/1).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3