Beredar Kabar ABK WNI Dibunuh di Kapal Asing, Polda Kepri Turun Tangan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 10:32 WIB
ilustrasi kejahatan kriminal perampokan pembunuhan pemerkosaan pencopetan
Foto ilustrasi kejahatan. (Andi Saputra/detikcom)
Pekanbaru -

Beredar kabar di sejumlah media sosial soal adanya anak buah kapal (ABK) WNI dibunuh di kapal asing di perairan Selat Malaka. Tim Polda Kepulauan Riau (Kepri) turun tangan untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.

"Infomasinya begitu ada dugaan pembunuhan ABK di kapal asing. Kapal tersebut berlayar di Selat Malaka," kata Direskrimum Polda Kepri, Kombes Arie Dharmanto, kepada wartawan, Rabu (8/7/2020).

Dia mengatakan tim Polda Kepri sedang menuju kapal yang diduga menjadi lokasi pembunuhan ABK WNI. Dalam informasi yang beredar, ABK WNI itu disebut berasal dari Lampung.

Menurut Kombes Arie, kapal berbendera asing yang dimaksud masih berada di Indonesia. Namun, dia masih belum menjelaskan kapal tersebut berasal dari mana.

"Diperkirakan kapal asing itu masih di wilayah perairan Indonesia. Nanti perkembangannya kami sampaikan kalau sudah bisa ditangkap," jelasnya.

Ada beberapa informasi yang beredar di media sosial dan aplikasi percakapan. Salah satunya sebuah screenshot percakapan soal peristiwa itu.

Kemudian ada juga sebuah video yang viral memperlihatkan beberapa ABK WNI tengah menggotong jenazah rekannya. Terdengar percakapan dengan menggunakan bahasa Indonesia.

(elz/haf)