Round-Up

Pelindung Anak Diduga Perkosa ABG, Ancaman Hukuman Kebiri Mengemuka

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 20:35 WIB
Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang membahas lima program prioritasnya bersama Komisi VIII DPR. Salah satu dibahas dalam raker itu adalah kelanjutan RUU P-KS.
Menteri PPPA Bintang Puspayoga (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Ulah bejat Kepala UPT Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Lampung Timur berinisial DA yang diduga memperkosa remaja putri N (14) menuai kecaman. Perppu Kebiri diharapkan bisa menjerat pelaku.

Peristiwa ini berawal saat DA dilaporkan ke polisi karena diduga memperkosa N. Pelaku dengan inisial DA itu diduga memperkosa korban pada saat menjalani trauma healing.

"Secepatnya. Ini kan sekarang digelar, sesegera mungkin (pemanggilan-pemanggilan). Kita gerak cepat," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad saat dimintai konfirmasi, pada Senin (6/7/2020).



Pandra mengatakan korban adalah seorang pelajar. Dia berada di P2TP2A Lampung Timur karena dicabuli olah sang paman pada Januari 2020 lalu. Namun saat melakukan konseling itu korban diduga diperkosa oleh DA.

"Awal Januari dia mengalami pencabulan oleh pamannya, sehingga dilaporkan oleh orang tuanya ke Polres Lampung Timur. Dilakukan proses sidik UU tentang Perlindungan Anak, diputuslah pada bulan Mei tahun 2020 kepada paman korban dihukum 13 tahun," ucapnya.

Tindakan bejat DA menuai sorotan tajam sejumlah kalangan. Mereka meminta DA diberhentikan dari jabatannya dan dihukum setimpal.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) Bintang Puspayoga juga angkat suara. Ia mengingatkan DA bisa dijerat Peppu Kebiri jika terbukti melakukan tindakan pemerkosaan.



Pelaku bisa dijerat dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2016 (Perppu Kebiri)," tegas Bintang.

Kecaman juga datang dari Komnas Perempuan, KPAI dan Komisi III DPR.

Berikut Pejabat Perlindungan Anak Perkosa ABG, Ancaman Hukuman Kebiri Mengemuka:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4