Doa Saat Terjadi Gempa, Semoga Selalu Dilindungi dari Musibah

Rosmha Widiyani - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 13:44 WIB
gempa
Foto: dok BMKG/Doa Saat Terjadi Gempa, Semoga Selalu Dilindungi dari Musibah
Jakarta -

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa saat terjadi gempa. Hal ini sebagaimana diriwayatkan dalam riwayat Imam An-Nasa'i dari Abu Al-Yasar. Doa dibaca dengan mengharapkan pertolongan dari Allah SWT.

Selain berdoa tentunya juga dilakukan upaya evakuasi. Ada pun doa saat terjadi gempa seperti yang diajarkan Rasulullah SAW adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي وَالْهَدْمِ وَالْغَرَقِ وَالْحَرِيقِ وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا

Arab latin: Allahumma inni a'udhu bika minat-taraddi, wal-hadmi, wal-gharaqi, wal-hariqi, wa a'udhu bika, an yatakhabbatanish-shaitanu 'indal-mawti, wa a'udhu bika an amuta fi sabilika mudbiran, wa a'udhu bika an amuta ladigha

Artinya: "Ya Allah, aku mohon perlindunganMu saat terlempar dari tempat tinggi atau tertimpa dinding jatuh, atau tenggelam atau terbakar, dan aku mohon perlindunganMu dari tersesat akibat ulah setan saat kematian. Dan aku mohon perlindunganMu dari kematian saat mencari perlindungan ketika berperang di jalanMu. Dan aku mohon perlindunganMu akibat kematian karena sengatan kalajengking." (HR An-Nasa'i).

Seperti diketahui hari ini, Selasa 7 Juli 2020 sejumlah daerah di Pulau Jawa terjadi gempa bumi. Pagi hari gempa bumi berkekuatan magnitude 6,1 terjadi di 53 Km wilayah barat laut Jepara, Jawa Tengah. Guncangannya dirasakan di sejumlah daerah di Jawa.

Siang harinya, gempa mengguncang Jakarta, Bandung, Jawa Barat dan Banten. Menurut laporan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa dengan magnitudo (M) 5,4 ini terjadi di sekitar Banten.

"Dirasakan juga di Lebak III-IV MMI. Gempa tidak berpotensi tsunami dengan kedalaman 82 kilometer. Cihara, Rangkasbitung, Bayan, Pandeglang, Malingping, Cibeber, Banjarsari, Sukabumi III sebesar MMI. Untuk Jakarta, Depok, Bandung II-III MMI, Tangerang Selatan II MMI. Gempa tidak berpotensi tsunami," tulis informasi resmi BMKG dikutip dari detikcom.

Gempa, sama seperti peristiwa alam lain, kejadiannya tidak akan bisa diprediksi manusia. Saat gempa atau kejadian alam lain terjadi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mohon perlindungan pada Allah SWT.

Selain membaca doa saat terjadi gempa dan dzikir meminta pertolongan pada Allah SWT, jangan lupa doakan keselamatan orang lain dari segala musibah yang bisa terjadi tiap saat.

(row/erd)