Batasi Pengunjung, Begini Suasana Kebun Raya Bogor Saat Kembali Dibuka

Sachril Agustin B - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 13:08 WIB
Suasana Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/7/2020).
Pintu masuk pengunjung menuju Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. (Sachril Agustin/detikcom)
Bogor -

Kebun Raya Bogor telah beroperasi kembali setelah sebelumnya ditutup. Kondisi Kebun Raya Bogor lengang.

detikcom datang untuk melihat kondisi Kebun Raya Bogor yang berlokasi di pusat Kota Bogor, Jawa Barat, saat perdana dibuka, Selasa (7/7/2020). Akses keluar-masuk Kebun Raya Bogor ada di Pintu 1. Ada petugas Kebun Raya Bogor, polisi, dan TNI yang melakukan penjagaan di depan pintu masuk kendaraan. Petugas Kebun Raya Bogor yang berjaga memakai masker, face shield, dan sarung tangan.

Pengunjung yang datang dicek suhu tubuhnya dengan thermo gun. Bila suhu tubuh tidak di atas ketentuan, pengunjung diperkenankan masuk ke Kebun Raya Bogor.



Pengunjung yang datang pun ada yang membawa sepeda motor, mobil, atau berjalan kaki. Mereka yang datang ke tempat ini ada yang sendirian, bersama kerabatnya, atau datang sekeluarga bersama anaknya yang masih kecil.

Petugas juga melakukan penjagaan di Gedung Sambrama yang akses untuk pengunjung pejalan kaki. Pengunjung yang masuk dari tempat ini wajib mencuci tangan dan diperiksa suhu tubuhnya.

Suasana Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/7/2020).Kebun Raya Bogor lengang saat kembali dibuka hari ini. (Sachril Agustin/detikcom)



Ada banyak spot yang bisa dikunjungi. Namun, hanya spot Kolam Gunting yang cukup banyak didatangi. Untuk spot lain, seperti Monumen Plasma Nutfah Kelapa Sawit, cagar budaya Kompleks Makam Keramat, Taman Sudjana Kassan, dan lainnya tampak lengang.

Area tempat duduk yang disediakan diberi batas physical distancing. Pengunjung dilarang duduk di marka yang ditandai silang. Selain itu, beberapa spanduk dan papan pemberitahuan tentang protokol kesehatan COVID-19 dibentangkan di sekitar area Kebun Raya Bogor.

"Di Kebun Raya (Bogor) memang sepi karena kami melakukan pembatasan pengunjung sebanyak 5.000 per hari," kata GM Operasional Kebun Raya Bogor/PT Mitra Natura Raya (MNR), Marga Anggrianto, ketika dihubungi, Selasa (7/7).

Selanjutnya
Halaman
1 2