Kisah Inspiratif Bripda Sunday Mengajar Ngaji Anak-anak Yatim di Bekasi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 08:53 WIB
Polisi Inspiratif Bripda Sunday Ngajar Ngaji bagi Anak Yatim
Bripda Achmad Sunday Ramdani (dok. Istimewa)
Jakarta -

Seorang anggota Polri, Bripda Achmad Sunday Ramdani, menghabiskan separuh waktunya untuk mengajar ngaji anak-anak yatim di Tambun, Kabupaten Bekasi. Kegiatannya ini sudah dilaksanakan setahunan ini.

Anggota Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya ini mengajar ngaji di Asrama Yatim Piatu Rumah Harapan ABE, Kampung Pakopen, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Bagi Sunday, asrama yatim-piatu itu sudah menjadi rumah kedua baginya.

Dalam perbincangan dengan detikcom, Senin (6/7/2020), Sunday mengaku sudah menjadi guru ngaji di yayasan itu sejak 2019. Awalnya, Sunday datang ke situ untuk mendermakan sebagian rezekinya.

"Saya mengajar ngaji di sana karena merasa memang hakikatnya manusia untuk saling membantu, jadi ya udah kewajiban kita," kata Sunday.

Sunday mengajar di yayasan tersebut setiap akhir pekan, tanpa meninggalkan kedinasannya. Ia rela menempuh jarak yang cukup jauh dari rumahnya di Cinere, Depok, untuk mengajar ngaji di Tambun.

Polisi Inspiratif Bripda Sunday Ngajar Ngaji bagi Anak YatimKegiatan Bripda Achmad Sunday Ramdani di yayasan yatim di Bekasi (dok.Istimewa)



"Kita pasti utamakan dinas karena kan (mengajar ngaji di yayasan) nggak wajib, di sini banyak yang ngajar jadi ketika kita ada waktu kosong kita maksimalkan di sini," tuturnya.

Sunday mengajar ngaji tanpa digaji. Bahkan dia rela menyisihkan sebagian gajinya untuk menyumbang ke yayasan tersebut.

"Seperti tempo hari saya mengajak teman-teman di kepolisian untuk mengumpulkan uang untuk membantu yayasan di tengah masa pandemi COVID-19 ini," lanjutnya.

Tepat di Hari Bhayangkara, 1 Juli 2020, Sunday bersama teman-teman kepolisian menyumbangkan paket sembako kepada anak-anak panti asuhan tersebut.

Keberadaan Sunday di panti asuhan diterima dengan baik oleh pengurus yayasan maupun anak-anak panti itu sendiri.

Sunday memang memiliki latar belakang pendidikan agama. Sunday merupakan lulusan Pondok Pesantren Darunnajah, Ulujami, dan saat ini sedang menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Al-Hikmah, Jakarta, jurusan Tafsir Hadist.

Kepala Bagian Perencanaan dan Administrasi (Renmin) Ditlantas Polri AKBP Aniek menyebut Sunday cukup disiplin dalam bertugas.

"Anaknya baik, disiplin," ucap Aniek.

Sunday memiliki suara merdu. Tak jarang, ia pun sering kali diminta oleh pimpinannya untuk memimpin kegiatan pengajian di lingkungan kedinasannya.

"Sering dia kita undang untuk memimpin Yasinan, kita kan suka rutin pengajian tiap malam Kamis," tutur Aniek.

Menurut Aniek, Sunday adalah salah satu anggota yang inspiratif. Pimpinannya sangat mendukung kegiatan keagamaan yang dilakukan Sunday.

(mei/mei)