Terungkap, John Kei Beri Rp 10 Juta ke Anak Buah Sebelum Serang Nus Kei

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 18:04 WIB
Terungkap, John Kei Beri Rp 10 Juta ke Anak Buah Sebelum Serang Nus Kei
Rekonstruksi penyerahan uang oleh John Kei ke anak buah. (Yogi Ernes/detikcom)
Bekasi -

Rekonstruksi yang dilakukan oleh John Kei dkk mengungkap sejumlah fakta baru dalam kasus penyerangan di Perumahan Green Lake City, Tangerang; dan Duri Kosambi, Jakarta Barat. Dalam pertemuan terakhir dengan anak buah di markas di Bekasi, John Kei menyerahkan uang Rp 10 juta kepada anak buahnya, Daniel Farfar.

Pantuan detikcom di lokasi, Senin (6/7/2020), sekitar pukul 16.00 WIB, John Kei memberikan uang tersebut dengan pecahan Rp 50 ribu kepada Daniel. Hal ini tertuang dalam reka ulang adegan ke-11.

"Adegan kesebelas tersangka John Kei memberikan uang sebesar Rp 10 juta ke tersangka Daniel," kata salah satu penyidik di lokasi membacakan adegan rekonstruksi.

Daniel Farfar pun kemudian menerima uang tersebut. Disebutkan, bahwa uang itu nantinya digunakan sebagai dana transportasi kelompok John Kei saat melakukan aksi penyerangan ke kediaman Nus Kei.

Dalam agenda rekonstruksi tersebut memperlihatkan John Kei memimpin rapat perencanaan pembunuhan Nus Kei. Di sini pula, John Kei membahas perihal video yang dibuat oleh kelompok Nus Kei yang dianggap menghina John Kei.

"Adegan ke-9 pukul 18.00 WIB John Kei memimpin pertemuan dan membahas video penghinaan di akun Instagram Ricard. Pertemuan itu dibahas di portal dekat rumah John Kei," jelas penyidik.

Adegan berikutnya, John Kei kemudian memerintahkan Daniel Farfar dan anggotanya yang lain untuk menghabisi Nus Kei. John Kei memerintahkan anak buahnya untuk menghajar jika ada yang merintangi.

"Adegan 10 selanjutnya tersangka John Kei datang menghampiri kepada tersangka Daniel Farfar dan mengatakan besok berangkat dan hajar rumah Nus Kei. Ambil Nus Kei dalam keadaan hidup atau mati," tutur penyidik.

Rekonstruksi di rumah John Kei ini merupakan adegan terakhir dalam rangkaian kegiatan yang digelar sejak siang tadi. Dalam proses rekonstruksi di Bekasi ini John Kei mengikuti rekonstruksi tersebut dengan kooperatif.

(mea/mea)