Perintah John Kei ke Anak Buah soal Penyerangan: Ambil Nus Kei Ketemu Bu!

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 14:40 WIB
Perintah John Kei ke Anak Buah soal Penyerangan: Ambil Nus Kei Ketemu Bu!
Rekosntruksi kasus penyerangan oleh John Kei dkk. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus penyerangan Nus Kei yang dilakukan oleh kelompok John Kei. Pada adegan pertama, Polda Metro Jaya merekonstruksi perencanaan untuk menyerang Nus Kei.

Dalam adegan rekonstruksi itu terungkap, John Kei mengumpulkan anak buahnya untuk menyerang Nus Kei. Dalam percakapan dengan anak buahnya, Daniel Farfar, John Kei memintanya 'mengambil' Nus Kei.

"Adegan ketiga, tersangka John Kei mengatakan ke Daniel, 'Kamu bisa ambil Nus Kei untuk ketemu dengan Bu.' 'Bu' artinya kakak. Kemudian Daniel menjawab, 'Siap, Bu, saya bisa,'" ucap petugas.

Pertemuan dilaksanakan di sebuah kantor PT di Kelapa Gading, Jakarta Pusat, pada Minggu (14/6) pagi. Awalnya, John Kei menghubungi Daniel untuk mengumpulkan anak buahnya.

"Adegan pertama Minggu, 14 Juni 2020, sekitar pukul 09.00 WIB pagi John Kei melalui HP menghubungi tersangka Daniel untuk mengumpulkan anak-anak di kantor PT, ini rencana akan dilaksanakan pukul 16.30 WIB sore hari," katanya.

Sore harinya, John Kei bertemu dengan Daniel Farfar dan beberapa anak buahnya yang lain. Saat itu anak buah John Kei menyanggupi dengan menjawab, "Siap, Kakak!"

"Saat pertemuan di situ disepakati hari Rabu, 17 Juni, akan mendatangi rumah Nus Kei di Green Lake City untuk mempertanggungjawabkan atas penghinaan yang dilakukan oleh dia saat live Instagram," ujar petugas membacakan adegan.



Selanjutnya, John Kei memerintahkan Daniel Farfar untuk membawa Nus Kei bertemu dengannya. Daniel lalu menjawab, "Siap, Bu, saya bisa."

Pada rekonstruksi ini, peran John Kei digantikan oleh pemeran pengganti. Rekonstruksi ini diamankan oleh puluhan aparat polisi dan dipimpin Wadir Krimum Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak.

Rekonstruksi ini disaksikan oleh tim kuasa hukum John Kei dkk. Salah satu pengacara John Kei, Anton Sudanto, menyebutkan bahwa lokasi rekonstruksi merupakan kantor anak buah John Kei, Daniel Farfar.

"Tanggal 6 Juli bertempat saat ini di Kelapa Gading di kantor Daniel Farfar. Rekonstruksi ini merupakan satu hal yang dilakukan penyidik untuk melakukan reka ulang yang dilakukan tersangka, untuk itu kita dapat melihat apa yang dilakukan oleh tersangka langsung dan para saksi-saksi. Rekonstruksi ini juga merupakan upaya penyidik dalam melakukan upaya hukum acara pidana yang dilakukan, untuk itu kami bersama-sama menyaksikan ini. Kami dari tim kuasa hukum John Kei ikut melihat dan mendengar rekonstruksi ini dengan baik," tutur Anton.

Tonton video 'Polisi Belum Terima Pengajuan Penangguhan Penahanan John Kei Cs':

(mea/mea)