Upacara HUT Ke-75 RI Tetap Digelar di Istana, Peserta Dibatasi

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 12:16 WIB
Logo HUT ke-75 RI (Dok. Setneg)
Logo HUT ke-75 RI (Dok. Setneg)
Jakarta -

Upacara HUT ke-75 Republik Indonesia tetap digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Namun jumlah peserta dibatasi dengan pemberlakuan protokol kesehatan dan aman COVID-19.

"Kaitannya upacara 17 Agustus di Istana Merdeka, upacara tetap khidmat, tetapi dengan peserta terbatas. Semua komponen yang terlibat dalam upacara hadir si situ, termasuk Paskibraka, tapi dalam jumlah terbatas," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno saat konferensi pers yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (6/7/2020).

Pratikno mengatakan awalnya peringatan HUT ke-75 RI akan digelar besar-besaran, termasuk dengan atraksi pawai internasional. Namun acara karnaval dibatalkan mengingat pandemi virus Corona.

Terkait upacara HUT ke-75, Pratikno mengajak masyarakat hadir secara virtual. Begitu pun saat lagu 'Indonesia Raya' dikumandangkan, pemerintah mengajak masyarakat menghentikan sejenak kegiatannya.

"Ini tidak berarti partisipasi masyarakat terbatas. Kami harap sebagaimana edaran disampaikan kepada seluruh rakyat Indonesia, kami harap aktif terlibat upacara tersebut secara virtual. Kita kenalkan sebuah tradisi baru nanti saat upacara, saat dikumandangkan lagu 'Indonesia Raya', kami ajak masyarakat Indonesia untuk menghentikan kegiatannya sejenak, berdiri tegak, khidmat," ujar Pratikno.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan ajang kreativitas saat peringatan HUT ke-75 tetap ada, tapi dilaksanakan secara virtual.

"Akan kita tampilkan juga sekitar 30 menit berbagai macam kreativitas dan lain sebagainya melalui TV dan saat sebelum penurunan bendera, durasinya lebih lama, ada 60 menit, berbagai macam atraksi dan kreativitas melalui virtual dengan kreativitas yang sedang disiapkan anak-anak bangsa kita yang insyaallah akan menjadi menarik," ujar Tama dalam kesempatan yang sama.

Selanjutnya
Halaman
1 2