Polisi Gelar Rekonstruksi Perencanaan Penyerangan di Rumah John Kei Siang Ini

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 10:53 WIB
Polda Metro Jaya menggelar jumpa pers terkait kasus penembakan di Perumahan Green Lake, Tangerang. Dalam jumpa pers ini, John Kei dkk dipamerkan.
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta -

Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus penyerangan di Perumahan Green Lake City, Tangerang, dan Duri Kosambi, Jakarta Barat, pagi ini. Dalam kegiatan hari ini, tersangka John Kei juga direncanakan akan turut dihadirkan.

"Insyaallah kita akan upayakan (John Kei untuk dihadirkan). Kita lihat situasinya ini gimana," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (6/7/2020).

Yusri mengatakan, dalam kegiatan rekonstruksi hari ini, beberapa lokasi kejadian (TKP) akan menjadi tempat rekonstruksi. Dia menyebutkan 37 tersangka akan dibawa dalam rekonstruksi hari ini.

Namun, dia menambahkan, untuk TKP pembacokan di daerah Kosambi, Jakarta Barat, pihaknya akan memindahkan lokasi tersebut ke area Polda Metro Jaya.

"Rencana akan kita bawa para tersangka 37 orang, tapi masih kita lihat situasi-situasi seperti TKP di Kosambi akan kita pindahkan ke Polda saja karena melihat situasi prarekonstruksi itu sangat padat masyarakat. Di masa pandemi sekarang kita harus tetap menjaga jarak ya," terang Yusri.

"Tapi di beberapa tempat yang lain seperti di Kelapa Gading, Arcici, dan kediaman John Kei akan kita lakukan di TKP sana," sambungnya.

Lebih lanjut Yusri menerangkan rekonstruksi hari ini bertujuan untuk menyempurnakan berkas acara pemeriksaan yang telah dilakukan kepada para tersangka. Dia mengatakan kegiatan hari ini akan memperkuat bukti-bukti di lapangan dan keterangan para saksi dan tersangka yang telah diperiksa.


"Kita mau menyempurnakan berkas acara pemeriksaan yang sudah dilakukan (ke) para tersangka yang lain, untuk kita tuangkan langsung di lapangan seperti apa semuanya, untuk kita cocokkan lagi dengan menghadirkan teman-teman dari Kejaksaan," tutur Yusri.

Seperti diketahui, John Kei beserta puluhan anggotanya ditangkap polisi atas penyerangan di dua TKP berbeda, yakni Kosambi dan Perumahan Green Lake Tangerang. Polda Metro Jaya masih terus mengembangkan kasus penyerangan brutal yang diduga dilakukan oleh kelompok John Kei. Polisi kini mengamankan 39 orang, termasuk John Kei, terkait peristiwa berdarah tersebut.

"Kemarin terakhir saya meng-update ada 37 yang sudah kita amankan terkait kasus penyerangan dan pembunuhan berencana antara John Kei kepada Nus Kei. Ada 5 yang menjadi DPO pada saat itu. Setelah dilakukan pengembangan sampai dengan saat ini ada 39 yang berhasil kita amankan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (29/6).

Yusri menjelaskan, dari total 39 tersangka yang berhasil diamankan itu, dua pelaku lainnya memiliki laporan polisi (LP) yang berbeda. Dia mengatakan dua pelaku dengan inisial M dan TH diamankan polisi atas kepemilikan senjata api.

(mea/mea)