Pedagang-Pembeli di Pasar Tanah Abang Masih Pakai Kantong Plastik

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 10:02 WIB
Pembeli di Pasar Tanah Abang masih menggunakan kantong plastik
Foto: Kadek Melda/detikcom
Jakarta -

Larangan penggunaan kantong plastik di mal hingga pasar resmi diberlakukan sejak Senin (1/7) lalu. Namun masih ada pedagang dan pembeli di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang menggunakan kantong plastik.

Pantauan detikcom di Blok F Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (6/7) pukul 09.20 WIB, aktivitas jual-beli di pasar terpantau ramai. Terlihat kantong plastik masih digunakan di sana.

Beberapa lapak pedagang juga terlihat masih menyediakan kantong plastik hitam. Pembeli terlihat berseliweran membawa barang belanjaan menggunakan kantong plastik.


Tidak terlihat pembeli yang membawa tas belanjaan sendiri. Di lokasi juga tidak tampak petugas yang mengimbau atau menginformasikan larangan penggunaan plastik. Hanya ada petugas gabungan TNI-Polri dan Satpol PP yang berjaga di luar pasar.

detikcom berusaha mewawancarai beberapa pembeli yang masih menggunakan kantong plastik. Namun tidak ada yang bersedia karena sedang terburu-buru.

"Maaf ya ini saya buru-buru," kata salah seorang pembeli.

Pembeli di Pasar Tanah Abang masih menggunakan kantong plastikPembeli di Pasar Tanah Abang masih menggunakan kantong plastik (Kadek Melda/detikcom)



Begitu pula pedagang. Salah seorang pedagang mengatakan sedang sibuk melayani pembeli.

"Saya lagi sibuk," kata salah seorang pedagang.


Untuk diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan peraturan gubernur (pergub) tentang larangan kantong plastik sekali pakai di mal, swalayan, hingga pasar. Larangan ini efektif mulai berlaku pada 1 Juli.

Larangan ini tertuang di Pergub Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat. Pergub ini diteken Anies pada 27 Desember 2019 dan diundangkan pada 31 Desember 2019.

"Selain itu, kewajiban (pengelola) untuk melakukan sosialisasi kepada tenant maupun pengunjung di lokasi malnya," ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Andono Warih dalam keterangannya.

Tonton video 'Anies Ajak Warga Pakai Kantong Belanja Sendiri, Bukan Plastik':

(isa/isa)