Round-Up

Ada 'Tapi' dalam Permintaan Maaf Denny Siregar

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 08:18 WIB
Denny Zulfikar Siregar, pegiat media sosial
Denny Siregar (Foto: Screenshoot 20detik)
Jakarta -

Pegiat media sosial Denny Siregar mendapat sejumlah kritik dan nasihat dari sejumlah partai politik koalisi Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin terkait unggahan 'Adek2ku Calon Teroris yg Abang Sayang' yang di-posting di akun Facebook-nya. Mereka meminta Denny menggunakan media sosial secara bijak.

Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengatakan masyarakat saat ini dituntut untuk bersikap dewasa di media sosial. Kode etik dalam bermedsos, menurutnya, harus diperhatikan.

"Di sisi lain, para netizen juga dituntut untuk semakin dewasa dan bertanggung jawab. Dewasa dalam bermedsos, dan dewasa pula dalam beropini. Kode etik harus diperhatikan betul, karena itulah ciri manusia beradab," kata Willy, kepada wartawan, Minggu (5/7/2020).

Willy juga mengatakan apa pun pendapat yang diungkap harus bisa dipertanggungjawabkan. Pengguna media sosial harus berani mengaku kesalahan jika salah.

"Dia juga harus bertanggung jawab juga atas apa yang telah diunggah atau di-posting-nya. Kalau dia merasa benar ya pantang surut dia ke belakang. Kalau salah ya harus jantan untuk mengakui dan siap dengan segala konsekuensinya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPP PKB Daniel Johan menilai unggahan Denny tersebut tidaklah bijak dan menyesatkan. Karena itu, dia menilai sebaiknya Denny meminta maaf karena telah menyinggung dan membuat marah para santri.

"Padahal pesantren dan santri adalah garda terdepan dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang inklusif dan penjaga Islam rahmatan lil alamin, yang selalu membumikan Pancasila di tingkat grassroot," ungkapnya.

Bahkan Daniel menyarankan Denny segera meminta maaf kepada para kiai dan santri. Hal itu, menurutnya, lebih baik dilakukan.

"Bang Denny segera sowan dan minta maaf ke NU dan para kiai dan santri, lebih baik saling maaf-memaafkan saja," katanya.

Menanggapi hal itu, Denny mengatakan dirinya akan meminta maaf, namun dengan satu alasan. Dia meminta maaf, jika para santri tersinggung dengan unggahannya.

Tonton video 'Blak-blakan Denny Siregar: Buzzer, Jokowi, & Enny Arrow':

Selanjutnya
Halaman
1 2