NasDem Anggap Manuver Amien Rais soal Reshuffle demi Pengaruhi Jokowi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 11:08 WIB
Willy Aditya
Ketua DPP NasDem Willy Aditya (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Amien Rais bicara soal kriteria menteri dan mengaku tak sedang menjagokan seseorang. Menurut NasDem, setiap kelompok politik memang akan bermanuver untuk memengaruhi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam hal reshuffle.

"Soal reshuffle dan Amien Rais. Menurut saya, itu bunga-bunga setiap kali muncul isu ini. Setiap kelompok politik memang akan selalu bermanuver untuk mempengaruhi keputusan yang akan diambil oleh Presiden terkait isu pergantian menteri ini," kata Ketua DPP NasDem, Willy Aditya, kepada wartawan, Minggu (5/7/2020).

Willy mengatakan partainya memiliki kriteria sendiri untuk calon menteri pengganti. Salah satunya memiliki kecakapan.

"Memiliki kecakapan dan kapasitas, punya keberanian dan terobosan dalam melakukan kerja kerjanya, serta ia mampu menerjemahkan apa yang diinginkan oleh Presiden. Tiga hal ini yang saya kira menjadi evaluasi mendasar atas kinerja beberapa menteri di kabinet saat ini sehingga kekesalan Presiden sampai diungkapkan secara umum," tuturnya.

Lebih lanjut, menurut Willy, reshuffle merupakan hal yang biasa dalam sebuah pemerintahan. Mengingat hal itu berkaitan dengan kinerja pemerintah dalam upaya mewujudkan janji politiknya.

"Jika memang Presiden Jokowi merasa kinerja kabinetnya tidak seperti yang diharapkan, ya memang sudah saatnya reshuffle dilakukan. Daripada program program kerjanya tidak berjalan, mau tidak mau reshuffle harus dilakukan," kata Willy.

Tonton video 'Soal Reshuffle, Amien Rais Singgung Kriteria Menteri Jokowi':

Selanjutnya
Halaman
1 2