Forum Rektor Minta Pemerintah Tanggung Biaya Internet Terkait Kuliah Online

Rahel Narda Catherine - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 14:54 WIB
Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama, Semarang, Selasa (16/6/2020).
Ketua Forum Rektor Indonesia Prof Yos Johan Utama (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Jakarta -

Forum Rektor Indonesia memberikan beberapa rekomendasi terhadap pemerintah Indonesia. Salah satu hal yang disoroti adalah soal pembebasan biaya internet untuk kuliah online bagi dosen dan mahasiswa.


Ketua Forum Rektor Indonesia 2019 Yos Johan Utama membacakan rekomendasi itu dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia 2020 bertajuk 'Optimalisasi Gerakan Merdeka Belajar untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 demi Terwujudnya SDM Unggul dan Indonesia Maju' yang disiarkan secara virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden RI, Sabtu (4/7/2020).

"Diperlukan peran pemerintah sebagai institusi yang memiliki kewenangan memiliki kemampuan dan memiliki visi untuk membantu perguruan tinggi yang mengalami kesulitan beradaptasi. Pemerintah seharusnya bukan sekadar mengatur dan menetapkan target, tapi juga membiayai kebijakan itu," kata Johan.


Johan secara tegas merekomendasikan agar pemerintah membebaskan biaya internet dosen dan mahasiswa pada masa pandemi COVID-19. Menurutnya, hal itu merupakan bentuk tanggung jawab negara terhadap dunia pendidikan.

"Dalam masa pandemi ini, pemerintah diharapkan membantu mahasiswa dan dosen dalam proses pendidikan, yakni dengan kebijakan membebaskan atau paling tidak menanggung pembiayaan penggunaan internet bagi mahasiswa dan dosen sebagai bentuk tanggung jawab negara bagi pendidikan," ujar Rektor Universitas Diponegoro, Semarang, ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3