Pedagang Pasar di Jaksel Masih Pakai Plastik: Stok Lama-Tak Ada Alternatif

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 12:33 WIB
Pedagang dan Pembeli di Pasar Minggu Gunakan Kantong Plastik
Ilustrasi pemakaian kantong plastik di pasar tradisional (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Pedagang di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan (Jaksel), masih menyediakan kantong plastik untuk pembelinya. Pedagang mengaku tahu soal larangan penggunaan kantong plastik, tapi mereka belum memiliki alternatif lain.

"Kita harus pakai apa? Belinya yang kayak apa? Ini belum ada penjelasan (alternatif lain), cuma nggak boleh pakai plastik doang. (Sebelumnya) sudah sih, sudah tau (larangan penggunaan kantong plastik) dikasih tahu sama pasarnya (pengelola)," kata seorang pedagang sayur, Wandi, saat ditemui di lokasi, Sabtu (4/7/2020).

Wendi mengatakan plastik yang saat ini masih digunakan merupakan stok lama. Dia menyebut belum ada sosialisasi secara langsung kepada pedagang untuk tidak menggunakan kantong plastik.

"Ini (plastik) stok kemarin sih, ngabisin. Belum ada (sosialisasi langsung) cuma lewat ini (speaker), omongan doang," ujarnya.

Warga di Pasar Kebayoran Lama masih memakai kantong plastik (Kadek Melda/detikcom)Warga di Pasar Kebayoran Lama masih memakai kantong plastik (Kadek Melda/detikcom)

Pantauan detikcom di lokasi, aktivitas jual-beli di pasar terpantau ramai. Terlihat pedagang memasukkan belanjaan pembeli ke dalam kantong plastik.

Mayoritas pedagang sayuran masih menggunakan dan menyediakan kantong plastik. Selain pedagang sayuran, pedagang daging dan kolang-kaling juga terlihat masih memakai kantong plastik.

Di lokasi yang sama, pedagang kolang-kaling bernama Hamdani terlihat masih menyediakan kantong plastik. Dia juga merasa kebingungan harus menggunakan alternatif kantong apa yang bisa digunakan.

Selanjutnya
Halaman
1 2