Jokowi: Penting Memerdekakan Mahasiswa agar Mereka Menangkap Perubahan Dunia

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 10:57 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Konferensi Forum Rektor Indonesia 2020 (Youtube Sekretaris Kabinet)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Konferensi Forum Rektor Indonesia 2020 (Youtube Sekretaris Kabinet)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pihak perguruan tinggi (PT) memfasilitasi mahasiswa belajar kepada siapa saja. Menurutnya, pengalaman akan jadi modal berharga mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja.

"Mahasiswa tak hanya belajar kepada dosen, tapi juga belajar kepada pelaku industri, kepada wirausahawan, kepada praktisi pemerintahan, kepada praktisi hukum, dan kepada para pelaku lapangan lainnya agar mahasiswa bisa menangkap perubahan dunia yang dinamis yang dipicu oleh disrupsi dan hiperkompetisi yang terjadi sekarang ini," kata Jokowi, Sabtu (4/7/2020).

Hal tersebut disampaikan dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia 2020 yang disiarkan di akun YouTube Sekretaris Kabinet. Turut hadir para rektor se-Indonesia secara virtual.

Jokowi mengatakan saat ini dunia berubah dengan cepat. Menurutnya, upaya memberi pengalaman kepada mahasiswa adalah jalan memerdekakan mahasiswa.

Tonton juga 'Soal Reshuffle, Amien Rais Singgung Kriteria Menteri Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]

"Di era disrupsi dan hiper-kompetisi sekarang, dunia berubah dengan sangat cepat. Banyak hal yang belum sempat dibukukan sudah berubah di lapangan. Banyak karakter kerja yang tidak bisa ditangkap hanya melalui membaca, tetapi harus melalui-mengalami pengalaman nyata. Itulah pentingnya memerdekakan mahasiswa agar bisa belajar kepada siapa saja," ungkapnya.

Jokowi mengatakan perguruan tinggi punya peran strategis dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sehingga Indonesia bisa memanfaatkan bonus demografi. Dia mengatakan Indonesia harus keluar dari jebakan middle income trap.

Selanjutnya
Halaman
1 2