Pengumuman SBMPTN Semakin Dekat, Apa Saja yang Sebaiknya Disiapkan?

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 09:17 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Ilustrasi Pengumuman SBMPTN Makin Dekat, Apa saja yang perlu dipersiapkan? (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

detikers yang tahun ini berencana melanjutkan studi ke bangku universitas pasti sudah mendapatkan kabar seputar mundurnya jadwal pendaftaran hingga pengumuman SBMPTN. Akibat adanya pandemi COVID-19 pengumuman hasil SBMPTN diundur menjadi 20 Agustus 2020.

Nah, agar proses masuk universitas lebih lancar detikcom akan membagikan cara mengecek pengumuman SBMPTN 2020 serta langkah-langkah yang harus dilakukan setelah lolos dari seleksi tersebut.

Cara mengecek pengumuman SBMPTN 2020

Berikut ini beberapa cara untuk mengakses hasil SBMPTN:

1. Memeriksa pengumuman dari rumah

Pengumuman SBMPTN bisa diakses dari rumah melalui perangkat teknologi. Untuk melihat SBMPTN pengumuman dari rumah atau indekosmu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan perangkat elektronik seperti PC, laptop, atau ponsel pintar. Pastikan koneksi internet yang akan digunakan stabil. Disarankan menggunakan koneksi Wi-Fi atau modem mengingat pada hari pengumuman SBMPTN trafik website akan padat.

  • Akses website khusus pengumuman di peramban (Chrome, Firefox, Safari, dan lain-lain) di alamat pengumuman.sbmptn.ac.id;

  • Begitu laman termuat, detikers akan diminta memasukkan data berupa nomor pendaftaran peserta beserta tanggal lahir;

  • Kalau dinyatakan lolos SBMPTN, peserta akan menerima ucapan selamat dan laman yang berisi penerimaan di jurusan tujuan. Sementara kalau belum beruntung, laman pengumuman SBMPTN LTMPT AC ID akan menampilkan permintaan maaf.

2. Memeriksa pengumuman dari media cetak



Meski tak secepat mengecek lewat website, pemeriksaan hasil pengumuman di media cetak masih tersedia. Hal ini disebabkan ada banyak peserta SBMPTN yang berasal dari daerah-daerah terpencil dan belum menerima koneksi internet stabil untuk membuka link pengumuman SBMPTN 2020.

Koran adalah media cetak paling populer yang akan mengumumkan hasil SBMPTN pada hari yang telah ditentukan. Carilah koran yang paling lengkap menampilkan daftar peserta yang lolos dan mencakup universitas yang dituju. Kamu mungkin bakal agak kerepotan menelusuri nama dalam daftar yang tertera, jadi pastikan kamu masih ingat atau menyimpan nomor pendaftaran saat mengikuti SBMPTN.

Jika dibandingkan dengan versi website, pengumuman SBMPTN 2020 yang dicetak di koran memungkinkan detikers untuk memeriksa nama teman yang daftar ke jurusan atau universitas lain. Jadi, kamu bisa mengabari mereka yang belum sempat membeli koran atau mengecek lewat situs.

3. Memeriksa pengumuman resmi UTBK

Selain SBMPTN, penyaringan calon mahasiswa baru pun dilakukan lewat Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK. detikers yang mengikuti tes ini dapat mengakses pengumuman resminya di situs mereka. Berikut langkah-langkah untuk memeriksa hasilnya nanti:

  • Akses situs resmi UTBK di pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id;

  • Masukkan username beserta password yang kamu pakai untuk pendaftaran;

  • Hasil pengumuman bisa Detikers lihat seperti yang dilakukan pada pengumuman SBMPTN 2019 jam berapa.

Antisipasi kendala saat melihat pengumuman SBMPTN

Menghadapi hari pengumuman memang mendebarkan. Akan tetapi, tak jarang antusiasme yang detikers rasakan berantakan karena kendala-kendala yang tak diharapkan. Berikut ada sejumlah masalah yang biasanya muncul dan harus kamu waspadai.

  • Seperti yang disinggung, trafik tinggi pada website sering kali menyebabkan error sampai down pada server. Untuk menghindari kemungkinan tersebut, detikers bisa akses website pengumuman SBMPTN beberapa jam setelah hasilnya diunggah ke situs. Untuk tahun ini, waktu pengumuman ditetapkan pada 20 Agustus 2020 pada pukul 15.00 WIB;

  • Buruknya sinyal internet bisa disebabkan beberapa faktor. Antara lain adanya perbaikan atau pemeliharaan dari operator, jaringan yang belum maksimal, atau kuota data yang hampir habis. Detikers yang ingin mengakses pengumuman SBMPTN LTMPT dapat pindak ke lokasi yang sinyalnya lebih bagus, membeli kuota terlebih dulu, atau pakai operator berbeda;

  • Sempat lupa nomor pendaftaran yang digunakan saat hendak memeriksa pengumuman SBMPTN 2018 atau tahun lainnya? Sangat disarankan untuk menyimpan data-data penting terkait SBMPTN di tempat aman dan catat di ponsel supaya lebih praktis. Dengan begitu, kamu tak akan kebingungan saat mencarinya.

Tahap-tahap yang dilakukan saat dinyatakan lolos SBMPTN 2020

Dinyatakan lolos SBMPTN 2020 adalah awal baru detikers sebagai calon mahasiswa. Kamu berhak bahagia karena berhasil mewujudkan impian, tetapi ada perjalanan panjang menanti yang harus disiapkan sematang mungkin.

Untuk menghindari kesalahan atau kegagalan setelah memeriksa LTMPT pengumuman SBMPTN 2019, berikut ini panduan untuk detikers yang berhasil tersaring melalui SBMPTN 2020:

1. Segera lakukan daftar ulang

Hal pertama yang sebaiknya detikers lakukan begitu menerima pernyataan penerimaan di universitas yang diincar adalah mengajukan pendaftaran ulang. Adapun dokumen-dokumen yang harus kamu siapkan, antara lain:

  • Bukti kelulusan. Detikers yang mengecek hasil pengumuman lewat website harus segera mencetaknya sebagai bukti. Pasalnya, dokumen tersebut dibutuhkan untuk mendaftar ulang hingga proses masa OSPEK;

  • Berkas registrasi. Berkas atau dokumen registrasi yang diperlukan setelah Detikers lolos pengumuman hasil SBMPTN bisa saja berbeda sesuai ketentuan masing-masing universitas. Namun, ada beberapa berkas umum yang biasanya diminta, antara lain kartu tanda peserta SBMPTN, STTB atau Surat Tanda Kelulusan asli, fotokopi akte kelahiran, pas foto terbaru, surat pernyataan sebagai mahasiswa di PTN penerima, surat perjanjian orangtua, serta bukti kelulusan SBMPTN;.

2. Ikuti kegiatan yang diselenggarakan PTN

Setelah melengkapi dokumen daftar ulang dan melakukan registrasi, setiap calon mahasiswa akan mendapatkan arahan dari masing-masing universitas. Kegiatan yang diberikan siap kampus bisa saja padat dan juga menyibukkan, tetapi kalau sampai melewatkannya, Detikers bakal rugi. Pasalnya ada informasi penting yang diberikan dalam rangkaian legiatan tersebut.

Jadi begitu tuntas dengan urusan cara melihat pengumuman SBMPTN, lanjutkan dengan aktivitas anyar detikers sebagai calon mahasiswa baru. Termasuk di antaranya membicarakan biaya yang harus ditanggung bersama orangtuamu.

3. Diskusikan biaya kuliah dengan orangtua

Melanjutkan poin sebelumnya, biaya kuliah adalah aspek penting yang harus Detikers perhatikan, terutama kalau kamu masih bergantung pada orangtua. Akan lebih baik kalau kamu sudah mengecek sistem pembayaran yang ditetapkan PTN incaran. Jadi, orangtuamu dapat segera menyiapkan dana pendidikan yang nantinya dibutuhkan.

Kemudian, pastikan pembayaran kuliah dilakukan tepat waktu. Keterlambatan pembayaran untuk semester satu bisa dikenakan denda di sejumlah universitas. Hal ini pastinya bakal memberatkan orangtuamu yang baru saja senang anaknya lolos LTMPT pengumuman SBMPTN.

Untuk memudahkan proses pembayaran, tanyakan apakah PTN yang bersangkutan memberikan keringanan tertentu, misalnya dengan cara mencicil. Prosesnya mungkin terasa merepotkan, tetapi bakal sangat membantu untuk keluarga yang mengalami kesulitan keuangan.

Demikian panduan persiapan dari redaksi detikcom untuk menghadapi pengumuman SBMPTN. Semoga Detikers lebih mantap setelah membaca artikel ini!

(erd/erd)