Menperin Bahas Upaya Penyelamatan IKM & UMKM di Live Streaming HUT ke-74 BNI

Yudistira Imandiar - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 10:02 WIB
HUT BNI
Foto: HUT BNI
Jakarta -

Pandemi COVID-19 memukul keberlangsungan Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal itu dapat berimbas serius, karena IKM dan UMKM berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Kehadiran UMKM turut membuka lapangan kerja, dan menyerap tenaga kerja di Tanah Air. Guna menjaga keberlangsungan IKM dan UMKM, Pemerintah RI mengeluarkan sejumlah jurus penyelamatan. Restrukturisasi kredit UMKM disertai subsidi bunga diberikan pemerintah guna meringankan beban UMKM di tengah pelemahan ekonomi. Selain itu, pemerintah juga menginisiasi gerakan #BanggaBuatanIndonesia untuk mengajak masyarakat membeli produk IKM dan UMKM.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga turun tangan buat membangkitkan Industri Kecil dan Menengah (IKM). Baru-baru ini, Kemenperin menggulirkan kampanye Semuanya Ada Disini, untuk memperkuat daya saing produk IKM di ranah digital. Kemenperin memberikan pelatihan bagi para IKM, mulai dari pengemasan produk, hingga pemasaran lewat platform digital.

Dalam acara Live Streaming "Uniting Energy for Indonesia in New Normal" yang dipersembahkan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dalam rangka HUT ke-74 BNI, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita akan membahas soal semangat pemerintah membangkitkan IKM dan UMKM. Agus bersama Direktur Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto akan berbincang bersama host Desi Anwar di sesi "Energy for Indonesian Small Medium Enterprise".

Selain membahas lanskap IKM dan UMKM dari sudut pandangan Menperin, di acara tersebut Sis Apik juga berbicara soal dukungan BNI terhadap keberlangsungan IKM dan UMKM.

Live Streaming "Uniting Energy for Indonesia in New Normal" persembahan BNI disiarkan langsung pada Minggu 5 Juli 2020 di detikcom pada link berikut ini dan YouTube Channel BNI Corporate University mulai pukul 10.30-19.00. Akan ada lima sesi yang menghadirkan sejumlah tokoh. Sesi bersama Menperin dan Direktur Kelembagaan BNI akan berlangsung pukul 18.00-19.00 WIB.

Pandemi tidak menghalangi kita semua untuk meningkatkan kapabilitas dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui cara yang aman. Untuk itulah BNI mempersembahkan Live Streaming Uniting Energy for Indonesia in New Normal yang dapat disaksikan oleh siapapun dari tempatnya berada. Tajuk dari Live Streaming tersebut senada dengan tema HUT ke-74 BNI "Satukan Energi untuk Indonesia di Era New Normal". Tema tersebut menyiratkan makna bahwa kita semua perlu bekerja lebih optimal dan efisien sehingga dapat memberikan energi kebaikan bagi orang lain.

(mul/mpr)