Amien Rais Dinilai Bakal Serba Salah Jika Mumtaz Jadi Menteri Jokowi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 07:40 WIB
Amien Rais hadiri Rakernas PAN, Sabtu (7/12/2019).
Foto: Amien Rais (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Peneliti dari lembaga survei Median Rico Marbun menilai jika Mumtaz Rais menjadi menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal membuat posisi Amien Rais serba salah. Kenapa?

"Jika ada salah satu dari keluarga besar Rais masuk ke dalam koalisi, tentu legitimasi Pak Amien untuk terus terlalu tajam mengkritik akan merosot di mata publik. Dan bisa jadi serba salah nantinya," ucap Rico saat dihubungi, Jumat (3/7/2020).

Amien memang sering mengkritik pemerintahan Joko Widodo. Namun, di lain sisi Mumtaz pun berseberangan dengan ayahnya di internal Partai Amanat Nasional (PAN).

Tonton juga 'Soal Reshuffle, Amien Rais Singgung Kriteria Menteri Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]

Mumtaz Rais tercatat berbeda sikapnya dengan sang ayah, Amien Rais. Pada gelaran Kongres PAN di Kendari, Mumtaz mendukung petahana Ketum Zulkifli Hasan, beda dengan Amien Rais yang mengusung Mulfachri Harahap-Hanafi Rais.

Meski Mumtaz beberapa kali berseberangan dengan Amien, bagi Rico, masuknya keluarga Rais dalam kabinet tetap memiliki pengaruh. "Ya tapi nama besar 'Rais' di belakangnya itu kan cap oposisi," katanya.

Bagi Rico, selalu ada kemungkinan bagi Mumtaz untuk bergabung atau hanya sekedar diusulkan menjadi menteri Jokowi. Dia mencontohkan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2