Rumah Terendam Banjir, Warga Bantaran Sungai Bone Gorontalo Diimbau Mengungsi

Ajis Khalid - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 01:04 WIB
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di posko pengungsian korban banjir Kota Gorontalo
Foto: Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau posko pengungsian banjir (Ajis/detikcom)
Gorontalo -

Banjir yang terjadi di wilayah kota dan kabupaten sekitar Gorontalo belum surut. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengimbau warga yang tinggal di bantaran Sungai Bone untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Yang kita lakukan sekarang adalah mengimbau masyarakat yang ada di bantaran Sungai Bone yang terkena banjir sangat parah untuk segera mengungsi," kata Rusli Habibie, saat meninjau posko pengungsian di Belle Limbui, Jumat (3/7/2020).

Rusli menjelaskan saat ini Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo yang terkena banjir sudah ada lokasi posko pengungsian korban banjir. Bahkan diperkirakan air akan terus meluap.

"Saat ini kita belum menghitung jumlah korban yang terkena banjir dan berapa warga yang mengungsi. Tetapi yang terpenting sekarang mengajak warga untuk secepatnya memilih tempat yang lebih aman. Dan kami bersama Polri dan TNI sudah menyediakan perahu karet untuk dikerahkan ke lokasi-lokasi rawan," ucap Rusli.

Rusli mengatakan saat ini pihak pemerintah daerah sudah menyediakan dapur umum bagi warga. Di mana pengungsi dapat tinggal sementara dan sediakan dapur umum.

"Sekarang untuk lokasi pengungsian di kota ada tiga posko, Bone Bolango juga sudah ada. Sekarang kita akan melihat hulunya yang ada di Suwawa Tengah itu yang paling parah. Sekali lagi kami meminta warga untuk tetap waspada dan mengungsi. Kami sudah minta, lokasi pengungsian ada di sekolah, rumah warga, dan masjid serta belle limbui yang kita persiapkan," jelas Rusli.

Selanjutnya
Halaman
1 2