Disdik Parepare Perpanjang PPDB SMP Karena Masih Ada Siswa yang Belum Daftar

Hasrul Nawir - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 20:21 WIB
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Parepare -

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Parepare menunda pengumuman PPDB Terpadu tingkat SMP/MTs dan sederajat hari ini. Pengumuman ditunda karena waktu PPDB diperpanjang hingga 30 Juni 2020.

"Pengumuman PPDB Terpadu yang seharusnya hari ini, tanggal 3 Juli, diundur ke tanggal 4 Juli dikarenakan adanya perpanjangan masa pendaftaran calon siswa untuk masuk SMP setelah sampai 30 Juni sebagai batas pendaftaran. Masih ada sekitar 800 siswa yang belum mendaftar," ujar Plt Kadisdik Parepare Arifuddin Idris, Jumat (3/7/2020).

Dari data NISN yang dimiliki Disdik Parepare, ada 800 siswa yang belum mendaftar SMP. Arifuddin pun meminta seluruh kepala sekolah di sekolah dasar mengecek siswanya, apakah sudah mendaftar PPDB SMP atau belum.

"Oleh karena itu, sebagai bentuk tanggung jawab kami, kami menginstruksikan kepada para kepsek untuk menelusuri siswanya yang belum mendaftar di link PPDB kami. Dan memerintahkan kepada para kepsek untuk memfasilitasi siswa tersebut melakukan pendaftaran di SMP yang diminati," terang Arifuddin.

Arifuddin menjelaskan, untuk SMP sederajat negeri maupun swasta se-Parepare, yang berjumlah 22 sekolah, tahun ini membuka 94 rombongan belajar atau kelas. Total seluruh sekolah dapat menampung 3.008 siswa atau peserta didik baru.

"Tapi harus diingat, ada beberapa jalur dalam penerimaan siswa baru tahun ini. Pertama dan menjadi prioritas adalah jalur zonasi dan afirmasi, yakni 80 persen dari total kuota setiap sekolah," katanya

Arifuddin memastikan pihaknya akan mengumumkan siswa yang lulus PPDB SMP negeri besok Sabtu (4/7) pukul 12.00. Pengumuman akan dilakukan secara online.

"Insyaallah pengumuman kelulusan PPDB SMP akan kita lakukan secara online besok pada pukul 12.00," pungkas Arifuddin.

(zap/imk)