Tangani 190 Pasien COVID-19 Sendirian, Dokter Asal Maros 6 Pekan Belum Pulang

Moehammad Bakrie - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 13:31 WIB
dr Sugih Wibowo
Dokter Sugih Wibowo (Bakrie/detikcom)
Maros -

Dokter Sugih Wibowo, seorang dokter asal Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang menangani 190 pasien positif (COVID-19) seorang diri sudah selama 6 pekan belum pulang ke rumah. Rasa rindu terhadap keluarga di rumah sangat dirasakannya.

"Sudah 6 pekan saya di sini ditugaskan sebagai penanggung jawab medis. Paling berat memang menahan rindu, apalagi ke anak yang baru tiga bulan," kata Sugih saat ditemui detikcom di hotel Harper Makassar, Jumat (3/7/2020).

Dokter Sugih bahkan tak kuasa membendung air mata saat mendapat kabar putranya yang baru tiga bulan mengalami sakit demam seusai imunisasi. Lewat panggilan video, ia hanya bisa menatapi wajah putranya, lirih ia berkata, cepat sembuh ya Nak.

Sugih tak bisa berbuat banyak, tugas menjaga 190 orang pasien COVID-19 yang diisolasi di hotel Harper Makassar, Sulawesi Selatan, membuatnya rela menahan rindu dengan anak dan istrinya di rumah yang ia tinggalkan sejak 25 Mei 2020.

Pria kelahiran 1983 itu, mengaku kecewa karena ditugaskan hanya seorang diri sebagai dokter di hotel itu, raut wajahnya tidak sedikit pun menunjukkan rasa lelah, terlebih di depan pasien.

Tiap hari selama 24 jam, ia bersama tiga perawat siap siaga menerima keluhan dari 190 pasien isolasi yang berasal dari 24 Kabupaten di Sulsel. Nyaris, waktu istirahatnya pun terkuras habis untuk tetap terjaga melayani seluruh pasien.

"Kalau di hotel lain itu dokternya bisa tiga orang, itu pun mereka bergantian. Saya di sini sendirian. Perawat yang temani saya itu tiga orang, tapi mereka juga bergantian ditugaskan," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3