Bawaslu Batam Proses 3 Laporan soal Rian Ernest, 1 Sudah Masuk Gakumdu

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 11:28 WIB
Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon dilaporkan oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ke polisi terkait posting-an video Potong Bebek Angsa PKI.
Foto: Bakal calon wali kota Batam Rian Ernest (Grandyos Zafna/detikcom)

Sebelumnya Bawaslu Kepulauan Riau (Kepri) mengatakan Bawaslu Kota Batam menerima laporan terkait pencatutan data diri warga sebagai pendukung Rian.

"Memang kemarin info yang saya dapat itu (warga merasa namanya dicatut di daftar pendukun Rian Ernest-red), memang sudah ada yang melaporkan terkait yang tidak mendukung tapi namanya masuk dalam list dukungan bakal calon perseorangan. Nah kemarin mereka sudah laporkan ke Bawaslu terkait itu," kata anggota Bawaslu Kepri, Idris, saat dihubungi detikcom, pagi ini.

Idris menuturkan laporan warga terkait Rian juga sudah diletahui Ketua Bawaslu Kepri, Sjahrie Papene. "Nah kebetulan Pas Sjahrie itu kemarin lagi supervisi di Kota Batam, menjumpailah ada pelaporan. Makanya dilakukan pendampingan oleh Divisi Pelanggaran," terang Idris.

Idris kemudian menjelaskan saat ini telah dilakukan tahap verifikasi data pendukung calon perseorangan untuk Pilwalkot Batam 2020. Di Batam, hanya Rian Ernest bakal calon wali kota yang maju lewat jalur perseorangan.

"Terkait itu di Kepri kan ada dua kabupaten/kota yang ada calon perseorangan, Batam sama Anambas. Nah kebetulan kalau Batam kan ada satu calon perseorangan, di Anambas ada dua. Yang mana pada saat ini kan sudah berjalan nih mulai tanggal 24 Juni sampai 12 Juli besok adalah tahapan verifikasi dukungan calon perseorangan, verifikasi faktualnya dilapangan," jelas Idris.

Rian Ernest sudah dimintai tanggapan soal isu ini, namun belum merespons. Saat dihubungi via seluler, Rian membalas dengan SMS yang menyatakan belum bisa dihubungi pada pukul 09.19 WIB pagi ini.

Halaman

(aud/tor)