Bawaslu Batam Proses 3 Laporan soal Rian Ernest, 1 Sudah Masuk Gakumdu

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 11:28 WIB
Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon dilaporkan oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ke polisi terkait posting-an video Potong Bebek Angsa PKI.
Foto: Bakal calon wali kota Batam Rian Ernest (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Bawaslu Batam menerima tiga laporan terkait pencatutan nama warga dalam daftar pendukung bakal calon wali kota Batam, Rian Ernest. Bawaslu Batam menjelaskan satu laporan sudah diteruskan ke Sentra Gakumdu.

"Hingga saat ini ada tiga laporan yang masuk ke Bawaslu Kota Batam terkait yang tadi disebutkan, masuk dalam daftar dukungan Rian, bapaslon yah," kata anggota Bawaslu Kota Batam, Nopialdi kepada detikcom, Jumat (3/7/2020).

Dia menerangkan satu laporan diteruskan ke Sentra Gakumdu karena sudah dinyatakan memenuhi syarat formil dan materiil dalam rapat pleno. Sementara dua laporan sisanya baru akan diplenokan hari ini.

"Terkait satu laporan yang pertama kali masuk ke Bawaslu Batam, sudah kami plenokan, sudah ditindaklanjuti melalui Sentra Gakumdu. Dalam rapat pleno pertama itu kita hanya menganalisa laporan tersebut terkait syarat formil dan materiilnya," jelas Nopialdi.

"Syarat formil dan materiil ini kan terdiri dari siapa pelapor, siapa terlapor, siapa saksinya, apa alat buktinya, kejadian yang dilaporkan. Semua sudah lengkap, maka kami wajib tindaklanjuti," sambung dia.

Dia kemudian menerangkan dua laporan yang akan diplenokan masuk ke Bawaslu Batam pada Kamis (2/7). "Dua lagi baru masuk kemarin dan baru kami plenokan," ucap dia.

Tonton video 'Bawaslu Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Kampanye Daring':

Selanjutnya
Halaman
1 2