Viral Pelaku Curanmor Santuy Saat Diamuk Massa, Polisi: Pengaruh Narkoba

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 18:40 WIB
Pelaku saat diamankan di Mapolsek Ilir Timur I
Pelaku saat diamankan di Mapolsek Ilir Timur I. (Raja Adil/detikcom)
Palembang -

Viral video seorang pelaku pencurian sepeda motor (curanmor), Ridwan (34), terlihat santuy alias santai saat diamuk massa. Pelaku terlihat hanya berjalan tenang ketika massa melemparinya dengan batu.

Informasi yang diterima detikcom, Ridwan dan rekannya, RS, awalnya berniat mencuri motor di kawasan Ahmad Rivai, Ilir Timur I, Palembang. Aksi itu terjadi pada Selasa (30/6) pukul 16.00 WIB.

Namun aksi Ridwan bersama RS kepergok warga sekitar dan meneriakinya maling. RS berhasil kabur, sedangkan Ridwan tak sempat melarikan diri karena sudah dikepung massa.

"Saya tidak lari karena sudah dikepung warga. Tapi memang tidak terasa dipukul," tegas Ridwan saat ditemui di Polsek Ilir Timur I, Palembang, Kamis (2/7/2020).

Ridwan membantah dirinya punya ilmu kebal, termasuk disebut punya jimat, karena terlihat jalan santai saat dipukul dan dilempar batu.

"Nggak ada ilmu kebal atau jimat. Nggak tahu kenapa, tapi saya pegang itu kepala sudah bocor dan berdarah," imbuh Ridwan.

Sementara itu, Kapolsek Ilir Timur I Kompol Deni Triana menyebut Ridwan ditangkap massa karena kepergok. Selanjutnya dia dibawa ke Polsek dan diamankan.

"Saat pelaku diamuk massa, warga anggota kita sedang patroli. Itu langsung diamankan," kata Deni.

Terkait kabar Ridwan punya ilmu kebal, polisi memastikan hal itu hanya asumsi masyarakat. Sebab, pelaku sebelum beraksi dalam pengaruh narkoba.

"Jadi bukan kebal. Saya pastikan pelaku ini tidak kebal, apalagi dengan senjata. Pelaku ini hanya nggak merasakan dipukul karena dalam pengaruh narkoba," katanya.

(ras/idn)