Flashback dengan SNMPTN dan PDSS 2020

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 19:46 WIB
ilustrasi snmptn 2017
Flashback dengan SNMPTN dan PDSS 2020 (Ilustrasi: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

SNMPTN 2020 memang sudah selesai namun masih meninggalkan kesan tersendiri bagi para siswa yang dapat mendaftar SNMPTN tersebut. Bahkan hal ini juga membuat banyak dari detikers yang saat ini sudah kelas XII untuk bisa belajar dari SNMPTN dan PDSS 2020.

Mari kita sedikit flashback ke SNMPTN dan juga PDSS 2020 sebagai gambaran untuk detikers yang memiliki kesempatan besar di SNMPTN 2021 nanti. SNMPTN dan juga PDSS sangat berkaitan erat, karena PDSS merupakan pangkalan data nilai detikers yang digunakan sebagai acuan untuk diterima mendaftar SNMPTN dan juga sebagai acuan penentuan masuk tidaknya di perguruan tinggi negeri.

Berikut beberapa kegiatan SNMPTN dari mulai Launching, PDSS, sampai pendaftaran ulang pada tahun 2020 :

Mulai Launching PMB 2020

Pertama kali SNMPTN dibuka yaitu pada tanggal 15 November 2019 pada saat jumpa pers. Pada tanggal ini mungkin menjadi suatu jalan terang bagi mereka yang saat ini sudah resmi masuk di perguruan tinggi negeri.

Registrasi dan Pengisian PDSS

Registrasi akun LTMPTN dimulai pada 2 Desember 2019 sampai tanggal 7 Januari 2020 yang kemudian diperpanjang sampai 9 Januari 2020. Setelah sekolah berhasil melakukan registrasi, selanjutnya masuk pada periode pengisian PDSS 2020.

Pengisian PDSS 2020 dimulai pada tanggal 15 Januari sampai 8 Februari. Jika pada periode tersebut semua siswa sudah selesai mendaftarkan nilainya maka selanjutnya akan dilakukan finalisasi oleh pihak sekolah. Namun karena banyak kendala baik sistem maupun koneksinya maka diperpanjang sampai 10 Februari 2020 pukul 18.00 WIB.

Pengumuman Siswa yang dapat Mendaftar SNMPTN

Dari tanggal 20 Januari 2020 sampai 10 Februari 2020 menjadi hal yang mungkin membuat senang atau malah sedih. Di tanggal ini, siswa akan mengetahui apakah dirinya dapat mendaftar SNMPTN atau tidak. Jika iya maka dapat masuk ke tahap berikutnya, jika tidak maka tinggal fokus ke SBMPTN atau menggunakan jalur mandiri.

Pendaftaran SNMPTN

Setelah dinyatakan boleh mendaftar SNMPTN selanjutnya siswa melakukan pendaftaran pada tanggal 14 sampai 27 Februari. Pendaftar bisa memilih jurusan dan Perguruan Tinggi Negeri yang diinginkan.

Pengumuman SNMPTN

Hari Sabtu, 4 April 2020 pukul 15.00 adalah hari penentuan apakah siswa diterima oleh perguruan tinggi atau tidak. Hari itu mungkin banyak yang menangis karena ditolak oleh perguruan tinggi impian banyak pula yang berbahagia karena sudah resmi menjadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi favorit.

Pendaftaran Ulang

Selanjutnya, pendaftaran ulang yang dilakukan sesuai dengan kebijakan Perguruan Tinggi masing-masing. Syarat pendaftaran ulang juga tergantung masing-masing perguruan tinggi sehingga waktunya berbeda-beda antara kampus yang satu dengan kampus yang satunya lagi, apalagi saat pandemi.

Kesimpulan dan Penutup

Setelah membaca beberapa ringkasan mengenai rangkaian SNMPTN dan PDSS 2020 kali ini pasti detikers yang masih kelas XII menjadi lebih deg degan bukan ? Atau malah biasa saja karena sudah siap ? Berbagai respons pasti terjadi dan sangat wajar. Nah, bagi detikers yang tahun ini sudah menginjak kelas XII jangan patah semangat, tahun ini adalah kesempatan terakhir untuk memperbaiki nilai agar dapat maju ke SNMPTN 2021. Jangan sia-siakan kesempatan yang sangat berharga ini, walaupun sedang pandemi dan belajar di rumah jangan sampai lengah ya.

(erd/erd)