Mengenal Tentang PDSS LTMPT

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 17:17 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) SNMPTN 2019 (Luthfy Syahban/detikcom)
Ilustrasi Mengenal PDSS LTMPT (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta -

detikers yang saat ini duduk di kelas XII atau mungkin sudah lulus dan bersiap mencari perguruan tinggi idaman, perlu mulai menganal sistem SNMPTN. Semua hal yang berkaitan dengan SNMPTN memang harus disiapkan sejak awal. Nah, salah satu hal yang paling penting dalam pendaftaran SNMPTN adalah PDSS LTMPT.

Apa sih PDSS LTMPT itu ?

Yang pertama, detikers harus tahu apa itu PDSS ? PDSS adalah singkatan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa, dari kepanjangannya mungkin sudah sedikit terbayang ya ? PDSS LTMPT ini adalah suatu wadah sebagai tempat informasi nilai rapor detikers yang akan digunakan untuk pendaftaran SNMPTN yang diadakan oleh LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

Pengisian data dan nilai pada PDSS ini hukumnya wajib bagi semua detikers yang ingin mendaftar SNMPTN. Jadi, apabila detikers tidak mengisinya maka secara otomatis tidak bisa mendaftar SNMPTN. PDSS diibaratkan sebagai suatu tempat yang menyimpan seluruh nilai siswa sehingga penilaian SNMPTN bisa dilakukan dengan menggunakan nilai yang detikers masukan tersebut.

Apa Fungsinya PDSS?

Seperti disebutkan atas, PDSS ini adalah salah satu pangkalan data yang memuat berbagai informasi mengenai data siswa beserta dengan nilai yang sudah didapatkan selama sekolah 3 tahun di SMA.

PDSS ini ibarat piring, dan nilai detikers adalah nasi yang dimasukkan ke dalam piring tersebut. sedangkan sistem SNMPTN ibarat sendok yang mengambil informasi nilai untuk dijadikan acuan dalam penentuan apakah detikers lolos masuk perguruan tinggi dengan sistem SNMPTN atau tidak.

Bagaimana Pengisian PDSS ?

Pengisian PDSS ini dapat dilakukan oleh detikers jika sekolahan sudah terdaftar di LTMPT. Jadi, sekolah harus masuk ke sistem LTMPT terlebih dahulu sehingga nanti para siswanya barus dapat mengisi nilai secara mandiri. Tenang saja, pihak sekolah akan memberikan arahan bagi detikers untuk pengisian nilai tersebut.

Jangan diisi sembarangan, jangan dikurangi maupun dilebihkan, dan isi secara teliti. Nilai yang detikers masukan akan dilakukan finalisasi oleh pihak sekolah jadi bisa jadi wali kelas masing-masing akan mengecek nilai yang dimasukkan benar atau salah. Jadi, isikan sesuai dengan rapor detikers ya.

Bagaimana Cara Mengetahui Panduan Pengisian PDSS ?

Masih belum paham ? Ingin mendapatkan tata cara yang lebih lengkap ? Jika detikers ingin mendapatkan panduan secara lengkap maka tinggal kunjungi saja laman PDSS di pdss.snmptn.ac.id. setelah masuk pilih manual PDSS dan pilih panduan untuk SMA atau SMK.

Kesimpulan dan Penutup

Setelah membaca beberapa hal di atas, kamu sudah mulai paham tentang PDSS LTMPT kan ? Nah, sekarang yuk persiapkan diri untuk memperbaiki nilai detikers semuanya mumpung masih mulai semester awal. Jangan sampai nilai kamu merosot ya, karena akan sangat berpengaruh dalam penentuan nasib di SNMPTN tahun depan. Tetap semangat dan jangan pernah menyerah !

(erd/erd)