Isu Liar Reshuffle AHY Jadi Menteri Koperasi, Demokrat Ngaku Tak Tahu

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 15:34 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. Seperti apa momen kebersamaan keduanya?
AHY saat bertemu dengan Jokowi. (Wahyu Putro A/Antara Foto)
Jakarta -

Berawal dari munculnya video Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampak geram terhadap kinerja menteri, muncul isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Isu yang beredar, Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk daftar menteri baru Jokowi menjadi Menteri Koperasi dan UKM. Apa kata Demokrat?

"Aduhh, kita tidak tahu-menahu soal beredarnya daftar-daftar nama itu ya. Rasanya tidak perlulah kita menanggapi hal-hal yang sumbernya tidak jelas ya," kata Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon kepada wartawan, Kamis (2/7/2020).

Jansen mengatakan Demokrat menyerahkan kewenangan reshuffle kepada Jokowi. Ia justru menyinggung penanganan virus Corona oleh pemerintah.

"Soal reshuffle itu ya sepenuhnya kembali ke Presiden sajalah. Mau ada reshuffle atau tidak, penting bagi kami Demokrat penanganan soal COVID diseriusi oleh pemerintah," ujar Jansen.

"Itu yang jauh lebih penting saat ini menurut kami dibanding soal gonjang-ganjing politik terkait reshuffle," imbuhnya.

Seperti diketahui, sejak rilisnya video arahan Presiden Jokowi dalam sidang kabinet paripurna pada 18 Juni 2020, isu soal reshuffle semakin liar. Dalam video itu, Jokowi memang jelas melontarkan ancaman reshuffle kepada para menteri dan kepala lembaga.

Isu itu semakin liar, bahkan sampai beredar daftar nama-nama menteri yang baru. Dari daftar tersebut, beberapa menteri di bidang ekonomi juga terkena perombakan.

Berdasarkan daftar nama yang beredar, kursi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian masih diisi oleh Airlangga Hartarto, lalu kursi Menteri Keuangan masih diisi Sri Mulyani Indrawati.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir, berdasarkan daftar nama itu, digeser ke posisi Menteri Perdagangan. Sedangkan nama Agus Suparmanto tidak ada dalam daftar tersebut.

Posisi Menteri BUMN kabarnya diisi oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Kemudian Menteri Pertanian diisi oleh nama Rachmat Gobel dan Syahrul Yasin Limpo tak ada dalam daftar nama itu.

Menariknya lagi, dalam daftar tersebut, ada nama AHY, yang disebut akan menduduki kursi Menteri Koperasi dan UKM. Nama Teten Masduki tak ada dalam daftar. Selain itu, ada nama politikus senior PAN Soetrisno Bachir, yang disebut akan mengisi kursi Menteri Sosial.

Tonton video 'Diam-diam AHY Temui Jokowi di Istana Bogor':

(rfs/elz)