Kadis Jabar Meninggal Positif Corona, RK Tes Swab Lagi: Hasil Negatif

Tiara Aliya - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 14:52 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Ridwan Kamil (Yudha Maulana/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat berinteraksi dengan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Jabar M Solihin, yang meninggal dalam kondisi positif COVID-19. Kang Emil pun kembali melakukan tes swab untuk yang ketiga kalinya, dan untungnya hasilnya negatif.

"Kami lagi dalam suasana duka ya kepala dinas terbaik kami, Pak Solihin, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, meninggal dunia memang terkonfirmasi COID-19, sehingga dimakamkan pemulasaraan secara protokol COVID," kata Kang Emil kepada wartawan di kantor Badan Penghubung Jawa Barat, Jl Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (2/7/2020).

Kang Emil langsung mengetes kondisi dirinya setelah mendengar kabar almarhum positif Corona. Ini adalah kali ketiga Kang Emil tes swab, setelah dites pada 15 Maret karena interaksi dengan Menhub Budi Karya dan tes 25 Maret setelah menghadiri Musda Hipmi.

"Pada hari ada informasi almarhum terkena COVID, besoknya saya tes swab dan hasilnya negatif," ungkap Ridwan.

Selain itu, Ridwan Kamil mengatakan seluruh karyawan Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar maupun keluarga yang pernah berinteraksi dengan M Solihin telah menjalani tes COVID-19. Hal ini, kata Ridwan, telah menjadi standar kerja Gugus Tugas Pemprov Jabar dalam melakukan telusur kontak.

"Semua lagi dites sekarang semua yang interaksi. Termasuk Hilmi Aminuddin ya, pendiri PKS, juga kita tracing. Itu standard procedure ya, setiap satu yang kena dan satu meninggal, itu lingkungan keluarga, temannya, semuanya contact tracing. Itu jadi SOP-nya gugus tugas. Makanya agak terkendali karena kita agresif," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, M Solihin meninggal pada pukul 18.45 WIB di RS Borromeus, Rabu (1/7/2020). Jenazah dimakamkan dengan protap COVID-19 meskipun sewaktu meninggal belum dikonfirmasi positif COVID-19.

M Solihin baru sebulan dilantik sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Jabar. Sebelumnya, almarhum menjabat sebagai Pjs Wali Kota Bandung.

Tonton juga video 'Pasien Corona Meninggal Hari Ini Catat Rekor Terbanyak':

(tor/tor)