PSBB Transisi DKI Diperpanjang 14 Hari, Polda Metro Masifkan Pengawasan

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 05:39 WIB
Gedung Polda Metro Jaya
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Polda Metro Jaya akan memasifkan penjagaan dan pengawasan protokol kesehatan saat perpanjangan PSBB transisi di DKI Jakarta. Pihak kepolisian akan mengawasi protokol kesehatan khususnya di pasar dan di dalam KRL.

"Kebijakan DKI Jakarta perpanjang PSBB transisi akan kita dukung penuh karena kita tahu bersama, COVID-19 belum selesai dan masih terus," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Rabu (1/7/2020).

Yusri juga memastikan pihaknya akan lebih memasifkan lagi pengawasan dan penjagaan terkait penerapan protokol kesehatan di tempat umum. Upaya patroli, sebut dia, akan dimassifkan lagi agar masyarakat semakin disiplin.

"Kita akan tetap kita terus patroli terus, dan imbau secara persuasif humanis, kita harus lebih masif lagi. TNI-Polri di kedepankan akan lebih masif lagi, dalam arti kata kita masyarakat akan betul-betul displin," ucapnya.

Kemudian terkait penyebaran utama terjadi di KRL dan pasar, Yusri memastikan pihaknya akan lebih fokus menjaga tempat umum tersebut. Dia menyebut polisi juga akan melibatkan tokoh masyarakat.

"Kita sudah ada juga petugas di pasar dan KRL. Tapi klaster-klaster ini kita akan lebih masif lagi, di pasar pasar itu bersama TNI, Satpol PP. Kita menggandeng masyarakat juga, tokoh masyarakat, tokoh agama untuk lebih membantu lagi untuk edukasi masyarakat," ujarnya.

Seperti diketahui Pemprov DKI Jakarta telah mengambil keputusan soal kelanjutan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di Jakarta. Hasilnya, PSBB transisi akan diperpanjang 14 hari.

Selain itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga berencana untuk memfokuskan penjagaan pada dua area yang sering menjadi tempat penularan. Anies menyebut pasar dan KRL merupakan dua lokasi yang kerap menjadi lokasi utama penularan Corona.

"Ada 2 area yang akan dilakukan peningkatan pengawasan dalam evaluasi sebulan ini ada 2 area utama yang sering menjadi tempat penularan," kata Anies.

Tonton video 'PSBB Transisi di Jakarta Diperpanjang 14 Hari':

(maa/zak)