Jaksa Tuntut Terdakwa Kasus Korupsi Dana PAUD Bone 7 Tahun Penjara

Zulkifli Nasir - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 18:00 WIB
Suasana sidang tuntutan kasus korupsi dana PAUD Kabupaten Bone di PN Makassar (Zulkifli Nasir/detikcom)
Foto: Suasana sidang tuntutan kasus korupsi dana PAUD Kabupaten Bone di PN Makassar (Zulkifli Nasir/detikcom)
Bone -

Dalam tuntutannya, Kejaksaan Negeri Bone menuntut terdakwa Sulastri dan Ikhsan masing-masing hukuman penjara 3 tahun. Sementara terdakwa Masdar dituntut 7 tahun penjara.

Pihak Kejaksaan mengungkap terdakwa Masdar adalah pelaku intelektual dalam kasus PAUD tersebut. Masdar disebut membohongi kedua terdakwa dari adanya selisih harga untuk pembelian buku, yakni dari harga Rp 5.250 menjadi Rp 8.500.

Kemudian, ketiga terdakwa merugikan negara dengan menaikkan harga jual (mark up) buku dari harga Rp 8.500 menjadi Rp 20.000. Dari sini Masdar dinilai 2 kali dapat untung dan dinilai tidak mengembalikan uang yang dinikmati dalam jumlah besar tersebut.

"Mereka bersama-sama dalam melakukan tindak pidana, tapi Masdar itu adalah intelektual dader dalam kerugian negara. Masdar membohongi kedua terdakwa dan juga Negara, serta tidak melakukan pengembalian uang yang dinikmatinya dalam jumlah yang besar," terang Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Bone, Andi Kurnia, saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (1/7/2020).

Dalam uraiannya kemudian, pihak Kejaksaan menjelaskan terdakwa Sulastri dan Ikhsan hanya menikmati sekitar 16% dari total nilai kerugian negara dalam kasus korupsi dana PAUD tersebut.

Tonton video 'KPK: Sudah Ada 184 Anggota DPRD Jadi Tersangka Korupsi':

Selanjutnya
Halaman
1 2