Amanat Lengkap Jokowi di HUT Bhayangkara: Lebih Humanis Makin Dipercaya Publik

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 10:12 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan pernyataan bersama dengan PM Belanda Mark Rutte.
Presiden Jokowi (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar jajaran Polri selalu menjaga profesionalitas terutama dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-74. Jokowi ingin Polri semakin dipercaya masyarakat.

"Terus tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, lakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat," ujar Jokowi seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/7/2020).

Jokowi juga ingin agar semua jajaran Polri hingga tingkat desa terus membantu percepatan penanganan virus corona baru (COVID-19). Selain itu Polri juga diharapkan menjalin sinergi dengan penegak hukum lain.

"Dalam situasi yang sulit sekarang ini, kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat, sangat dibutuhkan. Mulai dari jajaran Mabes dan Polda, Polres dan Polsek sampai Babinkamtibmas di desa-desa harus ikut aktif terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial dan tentu saja menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi kondusif tetap aman dan damai," kata Jokowi.

"Perlu saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang paling utama, keselamatan dan kepentingan rakyat adalah hukum tertinggi. Lakukan tugas kemanusiaan ini secara persuasif dan humanis namun harus tetap waspada, cepat tanggap, dan tegas dalam menangani setiap pelanggaran hukum dengan menjaga profesionalitas dan kepercayaan rakyat," imbuhnya.

Berikut amanat lengkap Jokowi dalam peringatan Hari Bhayangkara:

Selanjutnya
Halaman
1 2