Round-Up

Menanti Nasib PSBB Transisi DKI yang Berakhir 2 Juli

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 07:12 WIB
Anies Baswedan
Foto: Anies Baswedan. (Andika Prasetia/detikcom).
Jakarta -

Pemprov DKI belum mengumumkan hasil evaluasi PSBB Transisi menjelang berakhirnya pada 2 Juli. Nasib lanjut-tidaknya PSBB Transisi di DKI masih dinanti.

Hari pertama PSBB transisi di DKI dimulai pada 5 Juni 2020. Ketika itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum memutuskan sampai kapan PSBB Transisi ini diakhiri. Yang jelas, kata Anies, apabila akhir Juni kasus Corona stabil, maka PSBB Transisi akan diakhiri.

"Bila belum maka kita perpanjang masa transisi ini," tutur Anies, dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Keesokan harinya, Keputusan Gubernur (Kepgub) terkait masa berakhir PSBB Transisi dirilis Pemprov DKI. Pemprov menetapkan masa akhir PSBB Transisi pad 2 Juli 2020.

Aturan itu tertuang dalam Kepgub Nomor 563 Tahun 2020 tentang Pemberlakuan Tahapan dan Pelaksanaan Kegiatan/Aktivitas Pembatasan Sosial Berskala Besar pada Masa Transisi Menuju masyarakat, Sehat, Aman, dan Produktif.

"Menetapkan pemberlakuan Pembatasan Sosial berskala Besar pada masa transisi menuju sehat, aman, dan produktif selama 14 hari terhitung sejak 5 Juni 2020 sampai dengan 18 Juni 2020," demikian isi kepgub tersebut seperti dilihat, Jumat (5/6/2020).

PSBB Transisi di DKI Jakarta.PSBB Transisi fase I di DKI Jakarta. (Foto: screenshoot foto)

Dalam kepgub itu juga dituliskan, jika dalam masa transisi sampai 18 Juni tidak terjadi peningkatan kasus COVID-19, masa transisi dilanjutkan 19 Juni hingga 2 Juli.

Namun, masa transisi hingga 2 Juli ini bisa dihentikan apabila terjadi peningkatan kasus baru secara signifikan berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tingkat Provinsi.

PSBB transisi hingga 2 Juli ini meliputi bidang tempat kegiatan ibadah, fasilitas umum, kegiatan sosial dan budaya, hingga pergerakan orang menggunakan moda transportasi.

Masuk awal Juli ini, Pemprov belum menjabarkan evaluasi dalam masa PSBB Transisi fase I ini. Anies akan membuat pengumuman dalam waktu dekat.

"Insyaallah kan sampai tanggal 2 Juli. Jadi berakhir tanggal 2 Juli, nanti kita akan umumin sebelum atau pas tanggal 2-nya," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (30/6/2020).

Pemprov DKI akan lebih dahulu memperbarui data terbaru. Kepgub Nomor 563 Tahun 2020 juga memuat jadwal evaluasi PSBB masa transisi, yaitu pada akhir Juni 2020 hingga 2 Juli 2020.

"Justru sekarang itu datanya lagi di-update yang terbaru supaya ketika kita nanti mengumumkan dengan informasi yang paling akurat," ujar Anies.

Untuk diketahui, kasus positif Corona di DKI per 30 Juni tercatat ada 11.424 orang. Kasus sembuh 6.512 orang, dan meninggal dunia sebanyak 632 orang.

PSBB Transisi di DKI Jakarta.Rencana PSBB Transisi fase II di DKI Jakarta. (Foto: screenshoot foto)

Apabila masuk ke PSBB Transisi fase II, maka sektor yang akan diizinkan beroperasi yakni mulai dari kegiatan keagamaan, sekolah dan atau institusi pendidikan, kegiatan usaha, perdagangan, industri, hingga kegiatan sosial dan budaya.

Kegiatan usaha, perdagangan, industri meliputi klinik kecantikan, salon dan barbershop, gedung pertemuan, resepsi pernikahan, sunatan dll, bioskop, studio rekaman, rumah produksi perfilman, hiburan malam, karaoke, hingga butik.

Paparan terkait rencana PSBB Transisi fase II itu tertera dalam file Paparan Gubernur DKI Jakarta tentang Penjelasan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Masa Transisi pada 4 Juni lalu. Disebutkan, masa transisi fase II itu belum ditentukan karena merujuk evaluasi fase I.

Tonton video 'Anies Klaim PSBB Transisi 2 Pekan Pertama Berjalan Baik':

Akankah Pemprov DKI memasuki PSBB Transisi fase II?

(idn/idn)