Round-Up

6 Instruksi Jokowi di Jateng Demi Urusan Kesehatan-Ekonomi Anteng

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 06:25 WIB
Presiden Jokowi menyambangi kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Jakarta.
Presiden Jokowi (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Cek Belanja Kementerian Tiap Hari

Jokowi meminta anggaran-anggaran yang berkaitan dengan kesehatan dan penanganan COVID-19 segera digelontorkan. Jika tidak, dia tak segan langsung menegur menterinya.

Arahan itu disampaikan pula oleh Jokowi saat memberikan pengarahan untuk penanganan COVID-19 di Jawa Tengah. Jokowi meminta anggaran terkait kesehatan, belanja bansos, hingga stimulus ekonomi untuk usaha kecil dikeluarkan.

Arahan ini tidak hanya disampaikan ke kepala daerah melainkan juga ke menteri dan kepala lembaga. Jokowi kini memantau belanja kementerian dan lembaga setiap hari.

"Saya kemarin juga, minggu kemarin saya perintahkan juga di seluruh kementerian dan lembaga agar mengeluarkan belanja-belanja yang ada. Saya pantau tiap hari," kata Jokowi.

Jokowi tahu kementerian dan lembaga sudah menggelontorkan berapa persen anggaran setiap harinya. Jika masih rendah, dia langsung menelepon menteri atau kepala lembaga terkait.

"Kalau masih rendah, saya telepon langsung. Saya tegur menterinya atau kepala lembaganya," tegas Jokowi.

"Karena memang jangan kita biarkan uang yang beredar semakin kering atau semakin sedikit. Harus terus belanja-belanja itu kita dorong agar peredaran uang yang beredar di masyarakat semakin banyak," lanjutnya.

Sebelumnya, Jokowi menyinggung terkait rendahnya serapan anggaran ini saat sidang kabinet paripurna pada 18 Juni 2020. Dia sempat menyinggung soal anggaran kesehatan.

"Bidang kesehatan, tuh dianggarkan Rp 75 T. Rp 75 T, baru keluar 1,53 persen coba. Uang beredar di masyarakat ke-rem ke situ semua. Segara itu dikeluarkan dengan penggunaan-penggunaan yang tepat sasaran, sehingga men-trigger ekonomi," kata Jokowi pada 18 Juni 2020.

"Pembayaran tunjangan untuk dokter, dokter spesialis, untuk tenaga medis, segera keluarkan. Belanja-belanja untuk peralatan segera keluarkan. Ini sudah disediakan 70-an triliun seperti itu," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6 7