Satpol PP-Dinsos Medan Gelar Razia, Sejumlah Gepeng Diangkut ke Rumah Singgah

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 14:25 WIB
Razia gepeng di Medan (Datuk Haris-detikcom)
Razia gepeng di Medan (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Petugas dari Dinas Sosial (Dinsos) bersama Satpol PP Medan menggelar razia gelandangan dan pengemis (gepeng) di sejumlah ruas jalan. Razia yang turut dibantu personel kepolisian ini disebut merupakan razia rutin.

Pantauan detikcom, Selasa (30/6/2020), petugas memulai razia dari kawasan Jalan Gajah Mada menuju Jalan Juanda Medan. Petugas mengitari sejumlah persimpangan ruas jalan di Medan yang sering terdapat gelandangan dan pengemis.

Petugas kemudian mengangkut sejumlah gepeng, dari anak-anak hingga orang dewasa. Sejumlah gepeng terlihat menolak diangkut.

Meski sempat menolak, para gepeng tersebut akhirnya tetap diangkut ke truk Satpol PP. Mereka yang terjaring razia bakal dibawa ke rumah singgah untuk didata.

"Ini masih separuh jalan. Nanti separuhnya lagi kita rencananya mau tiap-tiap yang kita anggap rawan PMKS, gepeng, manusia silver, hijau, dan gold. Kita nanti coba tertibkan, nanti kita akan bawa dan data di rumah singgah Dinsos Kota Medan," kata Kabid Rehabsos Dinsos Pemko Medan Fahrul Rozi Pane.

Dia mengatakan orang yang sudah tiga kali kedapatan menjadi gepeng, maka bakal dikirim ke panti sosial yang ada di Sumut. Sementara anak-anak jalanan yang terjaring razia bakal dibina oleh pekerja sosial dari Dinsos bersama KPAI.

"Selanjutnya yang tiga kali atau seterusnya itu yang kedapatan kita akan kirim ke panti yang ada di Sumut," sebut Rozi.

"Bagi mereka yang bisa memanggil orang tuanya, atau keluarganya, nanti bisa diambil di rumah singgah, nanti ataupun tidak kita pulangkan," sambungnya.

Tonton video 'Preman yang Kerap Ngamuk dan Palak Pedagang Pasar Diciduk Polisi':

(haf/haf)