Round-Up

Rentetan Pengakuan 4 Pemukul Anjing hingga Mati demi Santapan

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 08:35 WIB
Penganiayaan sadis dan pencurian anjing di Nusa Dua, Bali (Screenshot video viral)
Penganiayaan sadis dan pencurian anjing di Nusa Dua, Bali (Screenshot Video Viral)
Jakarta -

Empat pelaku pemukulan anjing dengan balok kayu hingga mati di Bali yang bikin heboh telah ditangkap polisi. Para pelaku memberi sejumlah kesaksian.

Kasus ini bermula dari beredarnya rekaman video yang memperlihatkan seseorang menyiksa anjing dengan membekap lalu dipukul menggunakan balok kayu di Bali. Anjing tersebut lalu mati dan dimasukkan ke karung.

Menurut Ketua Bali Defender Animal Jovania Imanuel Calvary, penganiayaan anjing tersebut terjadi di kawasan Taman Griya, Nusa Dua, Bali, Kamis (25/6/2020) sore. Saat itu, pemilik anjing sedang melakukan ibadah ke gereja.

"Iya benar sekali di Taman Griya, Nusa Dua. Saya sudah bicara sama owner-nya, " kata Jovania saat dimintai konfirmasi detikcom, pada Jumat (26/6).

Pemilik anjing berinisial DR (26) melaporkan penganiayaan itu ke polisi. Kelompok penyayang binatang ikut mendampingi DR membuat laporan ke Polsek Kuta Selatan.

"Tadi baru saja kami lapor ke sana (Polsek Kuta Selatan). (Laporan dibuat) atas nama pemiliknya karena yang dirugikan itu pemiliknya," kata seorang penyayang binatang, Tio Russ, saat dimintai konfirmasi, Jumat (26/6).

Laporan tersebut diterima dengan nomor pelaporan STPL/1475/VI/2020/Bali/Resta Dps/Sek.Kutsel tertanggal 26 Juni 2020. Kasus tersebut dilaporkan dengan dugaan pencurian hewan peliharaan dan penganiayaan terhadap hewan.

Setelah berhari-hari melakukan penyelidikan, polisi akhirnya berhasil menangkap pelaku. Ada empat orang yang ditangkap polisi.

"Pada saat diamankan, para pelaku mengakui perbuatannya dan tanpa perlawanan," kata Kapolsek Kuta Selatan AKP Yusak Agustinus Saaoi saat dimintai konfirmasi, Minggu (28/6).

Keempatnya ditangkap di kos-kosan di daerah Badung pukul 16.30 Wita. Keempat pelaku itu adalah Harman (25), Adrianus Paput (25), Konradus Ariganti (24), dan Martinus Karbus Budi (28).

Polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa karung, kayu, serta sepeda motor yang digunakan waktu kejadian.

"Selanjutnya para pelaku digiring ke Mapolsek Kutsel guna proses lebih lanjut," tuturnya.

Berikut sejumlah pengakuan 4 tersangka pelaku pemukulan anjing hingga mati di Bali:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4